ANALISIS KESULITAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA UNDERACHIEVER DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI OPERASI ALJABAR DI KELAS VIII SMP NEGERI 7 KOTA JAMBI

Nurdayanti, Resti ANALISIS KESULITAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA UNDERACHIEVER DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI OPERASI ALJABAR DI KELAS VIII SMP NEGERI 7 KOTA JAMBI. JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA. (Unpublished)

[img] Text
ARTIKEL ILMIAH resti nurdayanti.pdf

Download (855kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya indikasi siswa yang memiliki kriteria underachiever di SMP Negeri 7 Kota Jambi, yaitu siswa yang memiliki kemampuan intelektual (IQ) tinggi, tetapi prestasi belajarnya tergolong rendah dan rendahnya kemampuan penalaran matematika dalam menyelesaikan soal matematika. Sehingga permasalahan tersebut perlu segera diatasi agar pelaksanaan pembelajaran berhasil secara optimal. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat kemampuan penalaran matematika siswa underachiever dan kesulitannya dalam menyelesaikan soal materi operasi aljabar. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa underachiever kelas VIII yang terpilih sebagai subjek penelitian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penulis sendiri, lembar tes kemampuan penalaran matematika, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa adalah: 1) Subjek SU1 dan SU2 memiliki kriteria tingkat kemampuan penalaran matematika baik dalam meyelesaikam soal materi operasi bentuk aljabar, 2) Subjek SU1 ada kesulitan memberikan penjelasan dengan menggunakan model, fakta, sifat-sifat, dan hubungan untuk soal nomor 1 dan nomor 2. Subjek SU2 ada melakukan kesalahan pada indikator ketiga dan indikator keempat untuk soal nomor 1 tes kemampuan penalaran matematika, yaitu subjek kurang dapat mempertimbangkan validitas dan argumen yang menggunakan berpikir deduktif atau induktif dan kurang dapat memberikan penjelasan dengan menggunakan model, fakta, sifat-sifat, dan hubungan atau dengan kata lain subjek mengalami kesulitan dalam mempertimbangkan validitas dan argumen yang menggunakan berpikir deduktif atau induktif dan mengalami kesulitan dalam memberikan penjelasan dengan menggunakan model, fakta, sifat-sifat, dan hubungan.

Type: Article
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Depositing User: RESTI NURDAYANTI
Date Deposited: 14 Feb 2018 01:04
Last Modified: 14 Feb 2018 01:04
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3313

Actions (login required)

View Item View Item