DIAN ULFAH, SITI (2022) OPTIMALISASI MEDIA PEMBELAJARAN VCD (VIDEO COMPACT DISC) INTERAKTIF TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS IV SDN 51/ IV KOTA JAMBI. S2 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
COVER TESIS.pdf Download (30kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (255kB) |
![]() |
Text
abstrak.pdf Download (158kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (159kB) |
![]() |
Text
daftar pustaka.pdf Download (162kB) |
Abstract
ABSTRAK OPTIMALISASI MEDIA PEMBELAJARAN VCD ( VIDEO COMPACT DISC) INTERAKTIF TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISIWA PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS IV SDN 51/ IV KOTA JAMBI OLEH SITI DIAN ULFAH NIM: P2A620033 Program Studi Magister Pendidikan Dasar Siti Dian Ulfah. (2022). Optimalisasi Media Pembelajaran VCD ( Video Compact Disc) Interaktif Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas IV SDN 51/ IV Kota Jambi. Tesis Program Magister Pendidikan Dasar, Universitas Jambi. Pembimbing I Hadiyanto, S. Pd., M. Ed., Ph. D dan Pembimbing II Dr. Atri Widowati, S. Pd., M. Or Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara menerapkan media pembelajaran VCD (Video Compact Disc) interaktif pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV, dan dapat mengetahui manfaat media pembelajaran VCD (Video Compact Disc) interaktif terhadap motivasi belajar siswa kelas IV. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 51/ IV Kota Jambi. Data penelitian diperoleh melalui observasi, dokumentasi dan catatan lapangan. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapakan media pembelajaran VCD (Video Compact Disc) interaktif pada saat pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial sangat berpengaruh pada peningkatan motivasi belajar siswa dari yang sebelumnya tidak fokus pada pembelajaran, bosan pada pembelajaran dan tidak tertarik pada pembelajaran menjadi lebih fokus, siswa lebih semangat dan aktif saat pembelajaran serta siswa menjadi lebih tertarik terhadap pembelajaran dan juga terlihat adanya peningkatan pada nilai latihan siswa. Strategi dan teknik pengajaran guru yang tepat dalam menerapkan media pembelajaran akan membuat siswa mudah dalam memahami materi pembelajaran, karena semakin menarik media pembelajaran semakin tertarik pula siswa untuk belajar. Tentunya hal tersebut akan berdampak baik pada peningkatan motivasi belajar siswa. Kata kunci: Media Pembelajaran, VCD Interaktif, Motivasi Belajar
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Islam |
Depositing User: | Ulfah |
Date Deposited: | 22 Apr 2022 04:44 |
Last Modified: | 22 Apr 2022 04:44 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/33133 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |