PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI KELUARGA , BIAYA PENDIDIKAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP MINAT MAHASISWA UNTUK MELANJUTKAN PROGRAM S2 PADA MAHASISWA FKIP UNIVERSITAS JAMBI

Diansyah, Refor (2022) PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI KELUARGA , BIAYA PENDIDIKAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP MINAT MAHASISWA UNTUK MELANJUTKAN PROGRAM S2 PADA MAHASISWA FKIP UNIVERSITAS JAMBI. S2 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
abstrak-1.pdf

Download (173kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (452kB)
[img] Text
halaman pengesahan.pdf

Download (373kB)
[img] Text
halaman persetujuan.pdf

Download (662kB)
[img] Text
BAB V (1).pdf

Download (2MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id

Abstract

ABSTRAK Diansyah, Refor. 2022. Pengaruh Motivasi Belajar, Biaya Pendidikan dan Status Sosial Ekonomi Keluarga terhadap Minat Mahasiswa Untuk Melanjutkan Program S2 Pada Mahasiswa Fkip Universitas Jambi. Magister Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Prof. Dr. Drs. H. Khairinal, Dpt, BA., M.Si (II) Dr. Rosmiati, S.Pd., M.Pd Kata kunci: Status Sosial Ekonomi Keluarga, Biaya Pendidikan, Motivasi Belajar, Minat Mahasiswa untuk melanjutkan program S2 Minat mahasiswa FKIP Universitas Jambi angkatan 2018 untuk melanjutkan pendidikan ke S2 masih tergolong tinggi. Namun, tidak semua mahasiswa tersebut dapat melanjutkan mimpinya untuk melanjutkan pendidikan ke S2. Salah satu faktor yang menjadi pengaruh bagi minat tersebut adalah Motivasi belajar, biaya pendidikan yang besar dan status sosial ekonomi keluarga, yang berbeda-beda. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Pengaruh langsung status sosial ekonomi keluarga terhadap motivasi belajar, (2) Pengaruh langsung biaya pendidikan terhadap motivasi belajar, (3) Pengaruh langsung status sosial ekonomi keluarga terhadap minat mahasiswa untuk melanjutkan program S2, (4) Pengaruh langsung biaya pendidikan terhadap minat mahasiswa untuk melanjutkan program S2, (5) Pengaruh langsung motivasi belajar terhadap minat mahasiswa untuk melanjutkan program S2, (6) Pengaruh status sosial ekonomi keluarga terhadap minat mahasiswa untuk melanjutkan program S2 melalui motivasi belajar, (7) Pengaruh biaya pendidikan terhadap minat mahasiswa untuk melanjutkan program S2 melalui motivasi belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis jalur (path anlisys). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa mahasiswa FKIP UniversitasJambi angkatan 2018. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 306 mahasiswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket dengan bantuan google form. Hasil analisis data yang diperoleh menjelaskan bahwa: (1) Terdapat pengaruh langsung status sosial ekonomi keluarga terhadap motivasi belajar sebesar 0,442, (2) Tedapat Pengaruh langsung biaya pendidikan terhadap motivasi belajar sebesar 0,625, (3) Terdapat pengaruh langsung status sosial ekonomi keluarga terhadap minat mahasiswa untuk melanjutkan program S2 sebesar 0,426, (4) Terdapat pengaruh langsung biaya pendidikan terhadap minat mahasiswa untuk melanjutkan program S2 sebesar 0,579, (5) Terdapat pengaruh langsung motivasi belajar terhadap minat mahasiswa untuk melanjutkan program S2 sebesar 0,655 (6) Pengaruh status sosial ekonomi keluarga terhadap minat mahasiswa untuk melanjutkan program S2 melalui motivasi belajar sebesar 0,289, (7) Pengaruh biaya pendidikan terhadap minat mahasiswa untuk melanjutkan program S2 melalui motivasi belajar sebesar 0,409. Diharapkan dapat memberikan informasi mengenai keterkaitan Motivasi Belajar dan Status Ekonomi Keluarga siswa yang memiliki Minat Melanjutkan Pendidikan ke S2 sebagai dasar dalam melanjutkan jenjang pendidikan selanjutnya, sehingga dapat memaksimalkan faktor yang mempengaruhi tersebut.

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Status Sosial Ekonomi Keluarga, Biaya Pendidikan, Motivasi Belajar, Minat Mahasiswa untuk melanjutkan program S2
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
Depositing User: Diansyah
Date Deposited: 21 Apr 2022 06:49
Last Modified: 21 Apr 2022 06:49
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/33140

Actions (login required)

View Item View Item