Insani, Brilliyent (2022) faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku cyberbullying pada peserta didik di SMP Negeri 5 Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
skripsi brilliyent insani.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
cvr.pdf Download (200kB) |
![]() |
Text
CamScanner 04-20-2022 14.00.pdf Download (535kB) |
![]() |
Text
CamScanner 04-20-2022 14.02.pdf Download (485kB) |
![]() |
Text
abstrak.pdf Download (185kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (346kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (304kB) |
![]() |
Text
dapus.pdf Download (304kB) |
Abstract
ABSTRAK Judul Skripsi : Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Cyberbullying Pada Peserta Didik Di SMP Negeri 5 Kota Jambi Nama : Brilliyent Insani NIM : A1E117060 Dosen Pembimbing I : Drs. Asradi, M.M Dosen Pembimbing II : Rully Andi Yaksa, S.Pd., M.Pd Penelitian ini dilatar belakangi fenomena yang ditemukan dilapangan pada saat ini media sosial menjadi salah satu faktor pendukung terjadinya perilaku bullying yang disebut dengan cyberbullying. Hal ini didapatkan hari hasil observasi, dan wawancara dengan salah satu siswa dan guru BK yang ada di sekolah. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengungkapkan dan mendeskripsikan tingkatan faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku cyberbullying pada peserta didik di SMP Negeri 5 Kota Jambi. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII. Perilaku cyberbullying dalam penelitian ini seperti mengirimkan pesan dengan kata-kata kasar atau gambar yang dapat menjelekan nama baik seseorang, perilaku ini dapat terjadi karena ada faktor yang mempengaruhi seperti iri, tidak punya pencapaian, iseng, dan mempermalukan tanpa ketahuan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif, dengan populasi seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 5 Kota Jambi. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 50 reponden, teknik penerikan sampel meggunakan teknik purposive sampling dengan menentukan kriteria sampel penelitian. Alat pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner dengan model skala likert terdapat lima opsi jawaban. Kemudian teknik analisis data dengan menggunakan rumus presentase formula A dan formula C. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor iri yang menyebabkan perilaku cyberbullying pada peserta didik di SMP Negeri 5 Kota Jambi berada pada tingkatan sedang dengan nilai presentase yang diperoleh sebesar 48,5%. Faktor tidak punya pencapaian berada tingkat sedang dengan nilai presentase 48,8%, faktor iseng berada pada tingkat tinggi dengan nilai presentase 61% dan faktor mempermalukan tanpa ketahuan berada pada kategori sedang dengan nilai presentase sebesar 48%. Hasil analisis yang diperoleh memberikan implikasi terhadap layanan bimbingan dan konseling dalam usaha mencegah dan mengentaskan perilaku cyberbullying yang terjadi dilingkungan peserta didik, baik secara individual, kelompok atapun klasikal. Karena perilaku cyerbullying ini memiliki dampak negatif bagi pelaku ataupun korban. Kata Kunci : Perilaku Cyberbullying
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cyberbullying Behavior |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Insani |
Date Deposited: | 21 Apr 2022 07:00 |
Last Modified: | 24 Feb 2025 06:09 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/33141 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |