Khanifah, Sunni (2022) Perkembangan Jaringan Jalan Jambi Tahun 1906-1945. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (312kB) |
![]() |
Text
BAB I .pdf Download (364kB) |
![]() |
Text
BAB V (2).pdf Download (201kB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (225kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka (2).pdf Download (427kB) |
![]() |
Text
Skripsi Sunni Khanifah 20-04-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
![]() |
Text
pengesahan sani.pdf Download (876kB) |
Abstract
ABSTRAK Jaringan jalan merupakan salah satu unsur penting dalam pembentukan lanskap budaya suatu perkotaan serta wilayah. Dengan menetapkan beberapa aspek penting dari perkembangan jaringan jalan di wilayah Jambi, dan identifikasi arsip peta Belanda bertujuan untuk membantu membaca perkembangan wilayah Jambi yang dibentuk oleh jaringan jalan masa kolonial pada abad XX. Penelitian ini, menggunakan pendekatan sistem informasi geografi (SIG) dengan analisis arkeologi keruangan. Hal utama yang menjadi fokus penelitian yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana perkembangan jaringan jalan Jambi tahun 1906-1945 dan apa saja faktor yang melatarbelakangi perkembangan jaringan jalan tersebut. Ruang lingkup penelitian ini dibatasi berdasarkan pembagian wilayah administrasi (marga’s) atau wilayah yang dipimpin oleh Pesirah. Sedangkan penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan menggunakan penalaran induktif. Adapun tahapan dalam penelitian ini yaitu, pengumpulan data dengan cara menelusuri arsip kepustakaan dan arsip peta Belanda di situs digital. Sedangkan pengolahan data dilakukan dengan cara mentrasformasi koordinat data raster, selanjutnya mengkonversi data analog menjadi data digital, kemudian dilakukan proses penyatuan data dari lapisan layer yang berbeda dan terakhir data- data tersebut disusun sesuai kebutuhan menggunakan aplikasi Quantum Gis (QGIS). Hasil dari penelitian ini akan menunjukan perkembangan jaringan jalan Jambi dalam empat periode yaitu (1) periode kedatangan Belanda ke wilayah Jambi (2) periode perencanaan pembangunan jaringan jalan Jambi (3) periode eksploitasi sumber daya alam di wilayah jambi (4) periode kedatangan Jepang ke wilayah Jambi. Selanjutnya pembangunan jaringan jalan tersebut dilatarbelakangi oleh faktor ekonomi yaitu, perdagangan karet, garam, opium, minuman keras dan minyak bumi sedangkan faktor pertahanan dan keamanan yaitu, benteng yang terdapat di wilayah Jambi dihubungkan melalui jalan seelah kedatangan Belanda. Pembangunan jaringan jalan tersebut juga berdampak pada kehidupan sosial budaya masyarakat wilayah Jambi. Penelitian ini juga menetapkan komponen, kelas dan bagian koridor jalan yang memiliki nilai penting kolonial Belanda dan sebagai bukti arkeologis, dimana ruas jalan dari periode yang berbeda masih hidup berdampingan. Kata Kunci : Jaringan Jalan, Perkembangan, Jambi. ABSTRACT The road network is one of the important elements in the formation of the cultural landscape of cities as well as regions. In this study, by establishing some important aspects of the development of the road network in the Jambi region, and the identification of the Dutch map archive aims to help read the development of the Jambi region formed by road network of the colonial-era in the 20th century. This research, using a Geographic Information System (GIS) approach with spatial archaeological analysis. The main thing that became the focus of the research discussed in this study was how the development of the Jambi road network in 1906-1945 and what factors were behind the development of the road network. The scope of this research is limited based on the division of administrative areas (marga's) or areas led by Pesirah. While this research is qualitative descriptive using inductive reasoning. The stages in this study are data collection by browsing the library archives and archives of Dutch maps on digital sites. While data processing is done by transforming raster data coordinates, which further convertanalog data into digital data, then the process of unification of data from different layer and finally the data is arranged as needed using Quantum Geographic Information System (QGIS) applications. The results of this study will show the development of the Jambi road network in four periods, namely (1) the period of Dutch arrival to the Jambi region (2) the planning period for the construction of the Jambi road network (3) the period of exploitation of natural resources in the jambi region (4) the period of Japanese arrival to the Jambi region. Furthermore, the construction of the road network is motivated by economic factors, namely, the trade of rubber, salt, opium, liquor and petroleum while the defense and security factors, namely, the fortresses in the Jambi region are connected through roads after the arrival of the Dutch. The construction of the road network also has an impact on the socio-cultural life of the people of jambi region. The study also established components, classes and sections of road corridors that had important Dutch colonial value and as archaeological evidence, where roads from different periods still co-exist. Keywords: Road Network, Development, Jambi
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Jaringan Jalan,Perkembangan,Jambi. |
Subjects: | C Auxiliary Sciences of History > CC Archaeology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Arkeologi |
Depositing User: | Khanifah |
Date Deposited: | 21 Apr 2022 07:41 |
Last Modified: | 21 Apr 2022 07:41 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/33143 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |