Hariani, Anisa Septi Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Kerinci. CTL, Saintifik, Pemahaman Konsep, SPLTV. (Unpublished)
Text
2. Artikel.pdf Download (508kB) |
Abstract
Hariani, A. S. 2018. Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas X SMA Negeri 2 Kerinci : Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing I: Drs.Sufri, M.Si, dan Pembimbing II: Drs.H. Zaimi Effendi, M.Pd. Kata Kunci: CTL, Saintifik, Pemahaman Konsep, SPLTV. Pemahaman konsep matematis siswa merupakan salah satu tujuan yang diharapkan dapat berkembang dengan optimal pada diri siswa. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilaksanakan di kelas X SMA Negeri 2 Kerinci, diketahui bahwa pemahaman konsep matematis siswa belum berkembang dengan optimal. Siswa kurang terlibat dalam proses pembelajaran dan cenderung senang untuk berdiskusi dengan siswa lainnya mengenai materi yang belum dipahami. Hal ini mengakibatkan hasil belajar siswa masih rendah. Masalah ini dapat diatasi dengan menerapkan model Contextual Teaching and Learning (CTL). Tujuan penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan pada model Contextual Teaching and Learning terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas X SMA Negeri 2 Kerinci. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan The Randomized Posttest-Only Contol Design. Populasi adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Kerinci yang berjumlah 302 orang. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik random sampling, kelas X MIA 2 terpilih sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 6 terpilih sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir berupa soal essay untuk melihat pemahaman konsep matematis siswa. Data tes dianalisis menggunakan uji kesamaan dua rata-rata dengan uji-t. Dari hasil analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa rata-rata tes hasil tes pemahaman konsep siswa kelas eksperimen sebesar 78,67 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 68,51. Hasil uji thitung dibandingkan ttabel untuk nilai posttest hasil belajar siswa didapatkan thitung > ttabel yaitu 2,85915>1,29837 . Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa yang menerapkan model Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional. Perbedaan pemahaman konsep tersebut dipengaruhi oleh penerapan model pembelajaran yang berbeda.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ANISA SEPTI HARIANI |
Date Deposited: | 14 Feb 2018 06:31 |
Last Modified: | 14 Feb 2018 06:31 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3315 |
Actions (login required)
View Item |