ARDILA, RIFKI KEMAMPUAN MENGAPRESIASI DONGENG SISWA KELAS VII A MTS TARBIYATUSSA’ADATAINI KABUPATEN TEBO TAHUN AJARAN 2017/2018. KEMAMPUAN MENGAPRESIASI DONGENG SISWA KELAS VII A MTS TARBIYATUSSA’ADATAINI KABUPATEN TEBO TAHUN AJARAN 2017/2018. (Submitted)
Text
RIFKI ARDILA RRA1B114009 - ARTIKEL.pdf Download (432kB) |
Abstract
ABSTRAK Ardila, Rifki. 2018. Kemampuan Mengapresiasi Dongeng Siswa Kelas VII A MTs Tarbiyatussa’adataini Kabupaten Tebo Tahun Ajaran 2017/2018: Skripsi Jurusan Pendidikan Bahasa Pendidikan dan Seni, Fakultas dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Pembimbing (I) Dra.Hj. Nazurty, M. Pd. (II) Drs. Akhyaruddin, M.Hum. Kata Kunci: Kemampuan Mengapresiasi Dongeng Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan kemampuan mengapresiasi dongeng siswa kelas VII A MTs Tarbiyatussa’adataini Kabupaten Tebo. Manfaat penelitian ini dapat memberi alternatif pemilihan teknik pembelajaran mengapresiasi dongeng dan juga dapat mengembangkan kemampuan guru bahasa dan sastra Indonesia di MTs Tarbiyatussa’adatini Kabupaten Tebo. Metode yang digunakan deskriptif kuantitatif pada bulan Desember 2017. Data yang di peroleh dengan mengamati mengapresiasi dongeng yang dilakukan oleh siswa kelas VII A dengan memperhatikan beberapa unsur yaitu: tema, tokoh dan penokohan, alur, latar dan amanat. Hasil penelitian ini diperoleh kemampuan mengapresiasi dongeng an siswa kelas VII A berkategori baik dengan rata-rata 89. Pada unsur tema kemampuan mengapresiasi dongeng siswa berkategori baik dengan rata-rata17,83. Unsur tokoh dan penokohan kemampuan mengapresiasi dongeng siswa berkategori baik dengan rata-rata 18,16. Unsur alur kemampuan mengapresiasi dongeng siswa berkategori cukup dengan rata-rata 16,53. Unsur latar kemampuan mengapresiasi dongeng siswa berkategori baik dengan rata-rata 17,83. Unsur amanat kemampuan mengapresiasi dongeng siswa berkategori baik dengan rata-rata 17,58. Dengan demikian kemampuan siswa kelas VII A MTs Tarbiyatussa’adataini Kabupaten Tebo dalam mengapresiasi dongeng berkategori sangat mampu dengan keseluruhan nilai rata-rata 89. Disarankan agar guru MTs Tarbiyatussa’adataini Kabupaten Tebo dapat meningkatkan kemampuan mengapresiasi dongeng siswa pada kelima unsur instrinsik dongeng yaitu tema, tokoh/penokohan, latar, alur dan amanat.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Depositing User: | RIFKI ARDILA |
Date Deposited: | 14 Feb 2018 06:31 |
Last Modified: | 14 Feb 2018 06:31 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3316 |
Actions (login required)
View Item |