PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SATUAN PANJANG SATUAN BERAT BERBASIS STRATEGI MNEMONIC DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

MUKHLISOH, UMI PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SATUAN PANJANG SATUAN BERAT BERBASIS STRATEGI MNEMONIC DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SATUAN PANJANG SATUAN BERAT BERBASIS STRATEGI MNEMONIC DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. (Submitted)

[img] Text
ARTIKEL_ ILMIAH _A1D113058.pdf

Download (185kB)

Abstract

ABSTRAK Mukhlisoh, Umi. Pengembangan Media Pembelajaran Satuan Panjang Satuan Berat Berbasis Strategi Mnemonic Di Kelas IV Sekolah Dasar. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Jambi. Dosen Pembimbing (1) Dr. Yantoro, M. Pd (II) Agung Rimba Kurniawan, S. Pd, M. Pd Kata kunci: Media pembelajaran, satuan panjang satuan berat, strategi mnemonic Berdasarkan observasi pengunaan media pembelajaran pada proses pembelajaran matematika di SD Negeri 198/1 Pasar Baru kelas IV masih sangat terbatas. Khususnya pada materi satuan panjang satuan berat, kurangnya media pembelajaran membuat minat belajar siswa rendah sehingga siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Fungsi dari media pembelajaran tersebut untuk menunjang tercapainya tujuan pembelajaran, serta dapat digunakan untuk mempermudah berjalannya proses pembelajaran sehingga mampu menarik perhatian siswa. Oleh karena itu, peneliti melakukan upaya pengembangan media pembelajaran satuan panjang satuan berat berbasis strategi mnemonic di kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi keterbatasan media pembelajaran matematika materi satuan panjang satuan berat, mengetahui prosedur pengembangan media pembelajaran untuk menghasilkan media pembelajaran yang menarik dan mengetahui tanggapan siswa terhadap media pembelajaran yang telah dibuat. Penelitian ini mengunakan metode pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE. Ada 5 tahapan utama dalam penelitian ini terdiri dari tahap analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media satuan panjang satuan berat ini layak untuk di uji coba tanpa revisi berdasarkan hasil validasi akhir yang telah dilakukan oleh para ahli yaitu ahli media yang menyatakan layak di ujicobakan dengan kevalidan 82,23% dan ahli pembelajaran menyatakan layak di ujicobakan dengan tingkat kevalidan 76,2% dan ahli kebahasaan menyatakan layak di ujicobakan dengan tingkat kevalidan 84%. Berdasarka hasil praktikalitas dan efektivitas yang telah di lakukan dengan ujicoba kelompok kecil dan kelompok besar serta mewawancarai siswa dan guru didapatkan hasil bahwa media tangga satuan panjang satuan berat yang dikembangkan dapat menarik perhatian siswa sehingga siswa dapat lebih mudah memahami materi pembelajaran yang di ajarkan.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: UMI MUKHLISOH
Date Deposited: 14 Feb 2018 09:00
Last Modified: 14 Feb 2018 09:00
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3325

Actions (login required)

View Item View Item