Munarsih, Munarsih (2022) PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP BELAJAR ONLINE DI MASA PANDEMI COVID-19 : STUDI KASUS PADA MAHASISWA S2 PENDIDIKAN DASAR. S2 thesis, Magister Pendidikan Dasar.
![]() |
Text
FIX cover tesis.pdf Download (102kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf Download (184kB) |
![]() |
Text
FIX ABSTRAK Indonesia.pdf Download (87kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (315kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (364kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (190kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (401kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (94kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (243kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap belajar online di perkuliahan pada masa pandemi Covid-19, kendaladan strategi untuk mengatasi kendala yang terjadi pada saat melaksanakan kuliah online pada mata kuliah proposal tesis di masa Covid-19. Jenis penelitian ini adalah kualitatif, desain kualitatif yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara mendalam. Subjek penelitian ini adalah10 mahasiswa Magister Pendidikan Dasar semester III kelas B, Universitas Jambi. Berdasarkan pembahasan tentang persepsi mahasiswa terhadap belajar online di masa pandemi Covid-19 maka hasil penelitian ini adalah mahasiswa mengalami banyak kendala atau kesulitan selama mengikuti kuliah online pada mata kuliah proposal tesis. Kesulitan dan kendala yang dirasakan antara lain yaitu sulitnya dalam memahami materi saat mengikuti kuliah online, akses internet yang terbatas, waktu/jam kuliah yang terbatas, kurang menguasai IPTEK, banyak materi yang sudah lupa bagi mahasiswa lansia, terbatasanya interaksi, jenuh dan mengantuk saat kuliah online, dan kendala bagi mahasiswa pemula dalam penyusunan tesis/karya ilmiah. Selain itu dengan adanya belajar online pada mata kuliah proposal tesis ini dirasa kurang efektif bagi mahasiswa karena masih banyak mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam pembuatan karya ilmiah/tesis. Pembelajaran dimasa pandemi ini menuntut mahasiswa agar lebih bersungguh-sungguh dalam mengikuti belajar online, berusaha secara mandiri untuk meminimalisir kendala yang terjadi, serta memberikan masukan kepada pihak pendidik maupun lembaga pendidikan agar dapat menciptakan kuliah online yang lebih kreatif dan inovatif demi tercapainya suatu tujuan pembelajaran yang diinginkan. Kata kunci : Persepsi Mahasiswa, Belajar Online, Covid-19
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Munarsih |
Date Deposited: | 25 Apr 2022 02:56 |
Last Modified: | 25 Apr 2022 02:56 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/33255 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |