PRATIWI, BELLA (2022) PERANAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGATASI PROBLEMA PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 22 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
SKRIPSI BELLA PRATIWI 2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
HALAMAN JUDUL BELLA.pdf Download (92kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (13kB) |
![]() |
Text
BAB 1 PENDAHULUAN SKRIPSI BELLA.pdf Download (104kB) |
![]() |
Text
BAB V PENUTUP SKRIPSI BELLA.pdf Download (72kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI BELLA.pdf Download (346kB) |
Abstract
Pratiwi, Bella, 2022. Peranan KepemimpinancKepala Sekolah Dalam Mengatasi Problema Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Khususnya Pada Penggunaan Teknologi Bagi Guru dan Siswa di SMP Negeri 22 Kota Jambi Selama Masa Pandemi Covid-19. Skripsi, Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Mohamad Muspawi, S.Pd.I., M.Pd.I, (II) Dr. Robi Hendra, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Kepemimpinan, Problema Pembelajaran Jarak Jauh, Penggunaan Teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana peranan kepemimpinan kepala sekolah dalam mengatasi problema pembelajaran jarak jauh (PJJ) khususnya pada penggunaan teknologi bagi guru dan siswa di smp negeri 22 kota jambi selama masa pandemi covid-19. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan melalui pendekatan kualitatif dan penelitian ini termasuk jenis penelitian fenomenologi. Partisipan pada penelitian ini yaitu Siswa, Guru dan Kepala Sekolah. Teknik yang digunakan pada saat mengumpulkan data yakni mengadopsi observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik dalam menganalisis penyajian data dimulai dari pengumpulan seluruh data hasil observasi, wawancara dan studi dokumen. Teknik dalam menganalisis sebuah data yaitu dengan teknik Creswell. Sedangkan dalam melakukan uji keabsahan data yaitu dengan menerapkan Triangulasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa, guru dan kepala sekolah menerapkan dan melaksanakan pembelajaran jarak jauh karena adanya pandemi Covid-19 di dukung dengan adanya penggunaan teknologi yang dilibatkan selama PJJ direalisasikan. Adanya kendala yang sama dihadapi guru dan siswa dan kepala sekolah yakni terbatasnya Handphone, Gadjet, Kuota Internet, Sinyal, Memori Penyimpanan, dan Keadaan Ekonomi dalam membeli kuota. Lebih lanjut selama PJJ diterapkan kepala sekolah aktif melakukaan pembinaan disiplin, pemberian motivasi, pemberian kesempatan berkonsultasi akan kendala yang ditemukan guru dan siswa dilapangan, berkomunikasi dan bekerjasama serta kepala sekolah menjawab kendala yang ada dengan memberikan bantuan kuota internet gratis, mengadakan kelas belajar secara langsung disekolah memanfaatkan laboratorium TIK didukung prokes yang ketat, Wifi, jumlah siswa dan jam belajar di kelas disesuaikan demi lancarnya PJJ bagi siswa dan guru yang mengalami kendala terkait pelaksanaan PJJ semasa pandemi. Berdasarkan hasil yang ditemukan dalam penelitian, peneliti memiliki saran agar kepala sekolah, guru dan siswa bersatu, bekerjasama dalam mengatasi secara besama problema yang ditemukan demi terlaksananya PJJ dimasa pandemi Covid-19 sehingga tujuan PJJ bisa tercapai dengan baik melalui peranan kepemimpinan kepala sekolah dalam mengatasi problema PJJ dilapangan.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | PRATIWI |
Date Deposited: | 12 May 2022 03:00 |
Last Modified: | 12 May 2022 03:00 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/33279 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |