EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KEAKTIFAN DAN KEMAMPUAN MAHASISWA

Suseno, Rahayu and Indriyani, Indriyani and Afdal, M and Nizori, Addion (2022) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KEAKTIFAN DAN KEMAMPUAN MAHASISWA. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, 91 (1). pp. 90-98. ISSN Print ISSN: 2406-8780 Online ISSN: 2654-7953

[img] Text
Artikel Rahayu Jinotep.pdf

Download (860kB)
[img] Text
9394

Download (67kB)
Official URL: http://journal2.um.ac.id/index.php/jinotep/index

Abstract

Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui efektivitas pembelajaran berbasis proyek dalam meningkatkan aktivitas dan kemampuan mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Weak Experimentaldengan desain One Group Pretest –Posttest yang dilakukan kepada mahasiswasemester limapada mata kuliah Sanitasi Industri, Program studi Teknologi Hasil Pertanian. Pengumpulan data menggunakan instrumentes dan angket. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mahasiswa meningkat berdasarkan n-gain rata-rata kelas yang masuk dalam kriteria sedang sebesar 0,39. Tanggapan mahasiswa terhadap pembelajaran berbasis proyek termasuk kedalam kriteria sangat tertarik (94,92%) dengan persentase sangat setuju 30,98% dan setuju 63,93%. Metode pembelajaran berbasis proyek efektif dalam meningkatkan aktivitas dan kemampuan mahasiswapada mata kuliah Sanitasi Industri.

Type: Article
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Afdal
Date Deposited: 26 Apr 2022 03:04
Last Modified: 26 Apr 2022 03:04
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/33282

Actions (login required)

View Item View Item