KEMAMPUAN GURU MELAKSANAKAN KEGIATAN EKSPLORASI ELABORASI DAN KONFIRMASI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SD NEGERI 182/I HUTAN LINDUNG

ARIANI PRAMONO, NIA KEMAMPUAN GURU MELAKSANAKAN KEGIATAN EKSPLORASI ELABORASI DAN KONFIRMASI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SD NEGERI 182/I HUTAN LINDUNG. KEMAMPUAN GURU MELAKSANAKAN KEGIATAN EKSPLORASI ELABORASI DAN KONFIRMASI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SD NEGERI 182/I HUTAN LINDUNG. (Submitted)

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (186kB)

Abstract

ABSTRAK Pramono, Nia Ariani. “Kemampuan Guru Melaksanakan Kegiatan Eksplorasi, Elaborasi dan Konfirmasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia SD Negeri 182/I Hutan Lindung”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Dosen Pembimbing (1) Drs. Syahrial, M.Ed., Ph.D (2) Drs. Maryono, M.Pd Kata kunci: eksplorasi, elaborasi, konfirmasi, Bahasa Indonesia Kualitas pendidikan di Indonesia memiliki peranan penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia, khususnya pada era globalisasi ini. Pada era globalisasi, peserta didik dituntut dapat berfikir kritis, kreatif dan dapat memecahkan suatu masalah agar dapat bersaing. Untuk melahirkan peserta didik berkualitas maksimal diperlukan pula guru yang melaksanakan pembelajaran dengan maksimal terutama dalam melaksanakan kegiatan eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsiskan kemampuan guru Sekolah Dasar dalam melaksanakan kegiatan eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi dalam pembelajaran di dalam kelas. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu guru kelas III SD Negeri 182/I Hutan Lindung. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan uji kredibilitas dengan triangulasi. Data dianalisis dengan menggunakan langkah-langkah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti di SDN 182/I Hutan Lindung bahwa kegiatan eksplorasi mempunyai karakteristik utama dalam pelaksanaannya peserta didik mengungkapkan apa yang ia ketahui tentang materi yang akan dipelajari nantinya. Kegiatan elaborasi mempunyai karakteristik utama peserta didik akan mendapatkan materi secara lengkap dan penuh dengan berbagai kegiatan yang dilakukan selama pembelajaran. Kemudian kegiatan konfirmasi mempunyai ciri khas utama dalam pelaksanaannya dilakukan sebagai peyimpulan dan penyempurnaan suatu pembelajaran. Hal yang guru lakukan untuk melakukan kegiatan eksplorasi adalah dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan materi pembelajaran. Model pembelajaran yang sering beliau gunakan tidak selalu sama tergantung dari materi yang diajarkan. Media yang paling sering digunakan adalah papn tulis dan buku pelajaran/buku paket. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat diambil kesimpulan bahwa guru Bahasa Indonesia di SDN 182/I Hutan Lindung dalam melaksanakan kegiatan eksplorasi dapat terlihat pada kemampuan guru dalam mengelola kelas sehingga mampu menggali kemampuan peserta didik, kemudian dalam melaksanakan kegiatan elaborasi dapat terlihat pada kemampuan guru dalam mengelola kelas sehingga mampu memunculkan gagasan baru serta menambah motivasi belajar untuk peserta didik, dan pada kegiatan konfirmasi dapat terlihat pada kemampuan guru dalam melaksanakan penguatan, refleksi, maupun review.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: NIA ARIANI PRAMONO
Date Deposited: 15 Feb 2018 06:21
Last Modified: 15 Feb 2018 06:21
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3333

Actions (login required)

View Item View Item