Ramadani, Intan Anisa (2022) Implementasi Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis HOTS dalam Menerapkan Nilai Nasionalisme pada Muatan PPKN pada siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. S1 thesis, UNJA.
Text
Skripsi_Intan Anisa Ramadani_REVISI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
cover1.pdf Download (164kB) |
|
Text
Halaman persetujuan.pdf Download (458kB) |
|
Text
ABSTRAK (1).pdf Download (148kB) |
|
Text
BAB I (2).pdf Download (137kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (12kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (261kB) |
Abstract
Ramadani, Intan Anisa. 2022. Implementasi Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis HOTS Dalam Menerapkan Nilai Nasionalisme Pada Muatan Pelajaran PPKN Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 49/IV Kota Jambi. Skripsi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing (I) Dr. Muhammad Sofwan, S.Pd., M.Pd. Pembimbing (II) Suci Hayati, S.Pd.,M.Pd. Kata Kunci: Pelaksanaan Pembelajaran, Nilai Nasionalisme, dan Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pelaksanaan pembelajaran berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills) dalam menerapkan nilai nasionalisme pada muatan PPKN. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan penelitian studi kasus, subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru kelas 4. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dibuat dan digunakan oleh guru kelas IV B memuat aspek HOTS (Higher Order Thinking Skills) dilihat dari tujuan pembelajaran yang terdapat didalam RPP, dalam tujuan pembelajaran menggunakan Kata Kerja Operasional (KKO) yang terdapat pada tingkat kognitif HOTS (Higher Order Thinking Skills) yaitu C4-C6. (2) Pelaksanaan pembelajaran berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) yang dilakukan oleh guru kelas IV B dalam menerapkan nilai nasionalisme pada muatan PPKN melakukan kegiatan C4 (Analisis), C5 (Evaluasi), C6 (Menciptakan). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan pelaksanaan pembelajaran di kelas IV B SD Negeri 49/IV Kota Jambi telah memuat aspek-aspek kognitif dari C4-C6 dan telah menerapkan pembelajaran berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills)
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | RAMADANI |
Date Deposited: | 09 May 2022 02:52 |
Last Modified: | 09 May 2022 02:52 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/33330 |
Actions (login required)
View Item |