Khairani, Khairani (2022) UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS PADA PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN MEDIA PUZZLE PICTURE GAME BAGI SISWA KELAS IV SDN NO.131/IV KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Skripsi Khairani_A1D118091.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (444kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (9kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (135kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (121kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (124kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (111kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kreativitas belajar peserta didik kelas IVB Sekolah Dasar SD Negeri 131//IV Kota Jambi. Kurangnya kreativitas belajar peserta didik dalam proses pembelajaran membuat peserta didik kesulitan dalam memahami materi pembelajaran yang telah disampaikan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas peserta didik kelas IV-B Sekolah dasar Tahun Pelajaran 2022/2023 dalam pelajaran IPA. Penelitian ini dilakukan di SDN 131/IV Telanaipura Kota Jambi pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari II siklus dengan prosedur diawali dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV-B SDN 131/IV Telanaipura Kota Jambi. Untuk melihat meningkatnya kreativitas belajar peserta didik, penelitian ini menggunakan Tes evaluasi, Observasi dan juga wawancara tidak terstruktur. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan menggunakan media pembelajaran puzzle dapat meningkatkan kreativitas belajar peserta didik di kelas IV-B SDN 131/IV Telanaipura Kota Jambi. Pengumpulan data mengenai kreativitas belajar peserta didik terhadap pembelajaran IPA yang terdiri dari pemahaman masalah, merencanakan penyelesaian, melaksanakan rencana dan mengecek kembali. Adapun persentase kreativitas belajar peserta didik pada siklus I sebesar 41,37% dengan kategori cukup baik. Siklus II mengalami peningkatan dari pada siklus I yaitu mengalami peningkatan menjadi 79,31% dengan capaian persentase 80% dengan kategori baik. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa menggunakan media pembelajaran puzzle dapat meningkatkan kreativitas belajar peserta didik di kelas IV-B SDN 131/IV Telanaipura Kota Jambi. Disarankan agar perlu adanya penelitian lebih lanjut bagaimana jika dalam meningkatkan kreativitas belajar dengan menggunakan media pembelajaran lain dan juga dengan menggunakan metode yang lain. Kata Kunci: Media Pembelajaran Puzzle dan Kreativitas Belajar. This research is motivated by the low learning creativity of students in class IVB Elementary School SD Negeri 131//IV Jambi City. The lack of students' learning creativity in the learning process makes it difficult for students to understand the learning material that has been delivered by the teacher. This study aims to determine the increase in creativity of students in grades IV-B of elementary school in the academic year 2022/2023 in science lessons. This research was conducted at SDN 131/IV Telanaipura Jambi City in the even semester of the 2022/2023 academic year. This type of research is classroom action research, which consists of two cycles with procedures starting from planning, implementing, observing, and reflecting. The subjects of this study were students of class IV-B SDN 131/IV Telanaipura Jambi City. To see the increase in students' learning creativity, this study used evaluation tests, observations and unstructured interviews. The results of this study indicate that using puzzle learning media can increase the learning creativity of students in class IV-B SDN 131/IV Telanaipura Jambi City. Collecting data on students' learning creativity towards science learning which consists of understanding problems, planning solutions, implementing plans and checking again. The percentage of students' learning creativity in the first cycle was 41.37% with a fairly good category. Cycle II has increased compared to cycle I, which has increased to 79.31% with an 80% achievement in the good category. From the results of this study, it was concluded that using puzzle learning media could increase the learning creativity of students in class IV-B SDN 131/IV Telanaipura Jambi City. It is recommended that further research is needed, what if in increasing learning creativity by using other learning media and also by using other methods. Keywords: Puzzle Learning Media and Learning Creativity.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | KHAIRANI |
Date Deposited: | 11 May 2022 05:04 |
Last Modified: | 11 May 2022 05:04 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/33376 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |