Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) di Sekolah Dasar

AFITRI, AFITRI (2022) Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) di Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI AFITRI (NIM. A1D118031).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (23kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN, HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (220kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (19kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (9kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (89kB)

Abstract

Afitri, 2022. Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) di Sekolah Dasar: Skripsi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dr. Dra. Destrinelli, M.Pd Pembimbing (II) Silvina Noviyanti, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: implementasi, pembelajaran berbasis proyek, sekolah dasar Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran berbasis proyek (project based learning) di kelas VA SDN 131/IV Kota Jambi Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini dilakukan di SDN 131/IV Kota Jambi pada semester genap Tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penilitian fenomenologi. Data yang diperoleh dalam penelitian berupa deskripsi atau narasi mengenai implementasi pembelajaran berbasis proyek (project based learning) di sekolah dasar siswa kelas VA. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru kelas VA dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini berupa narasi mengenai implementasi pembelajaran berbasis proyek (project based learning) di kelas VA sekolah dasar. Implementasi pembelajaran berbasis proyek yang dilakukan mencakup perencanaan pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran. Penerapan pembelajaran berbasis proyek memberikan dampak pada saat proses pembelajaran. Peserta didik ikut serta secara langsung dalam membuat proyek, mencari tahu kegunaan proyek yang di buat dan menampilkan serta menjelaskan proyek di depan kelas. Peserta didik terlihat aktif, percaya diri dan bersemangat. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis proyek (project based learning) di kelas VA SDN 131/IV Kota Jambi pada tema 6 subtema 1 pembelajaran 2 muatan IPA, pada muatan Matematika Bab 1 dan tema 6 subtema 2 pembelajaran 2 telah terlaksana. Pembelajaran berbasis proyek memunculkan semangat, antusias, percaya diri, serta keaktifan peserta didik selama pembelajaran.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: AFITRI
Date Deposited: 17 May 2022 03:48
Last Modified: 17 May 2022 03:48
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/33383

Actions (login required)

View Item View Item