Siregar, Desna (2022) Kreasi Senam Kognitif Pada Anak Sekolah Dasar Bernuansa Lagu Kartun. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI DESNA FINISH1.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (21kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (117kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (88kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (307kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Desna Siregar. 2022 “Kreasi Senam Kognitif Pada Anak Sekolah Dasar Bernuansa Lagu Kartun”. Program Studi Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, Fkip Universitas Jambi, Pembimbing : (I) Dr. Ugi Nugraha, S.Pd., M.Pd.,(II) Ahmad Muzaffar, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: Kreasi, Senam, Kognitif, Siswa, Lagu Kartun. Berdasarkan survei lapangan dan sesuai fakta yang ada di lapangan penulis merasa penting untuk menciptakan produk kreasi senam kognitif pada anak sekolah dasar bernuansa lagu kartun yang dapat dijadikan referensi senam baru yang asik dan kreatif untuk senam bersama di sekolah yang tanpa sadar dapat memicu motorik anak yang dapat dilaukan pada saat sebelum mulai pembelajaran, ditengah pembelajaran saat anak bosan, dan saat pembelajaran selesai. Tujuan penelitian ini adalah adalah untuk menghasilkan suatu produk berupa kreasi senam kognitif pada anak sekolah dasar bernuansa lagu kartun yang tertuang dalam bentuk video. Jenis penelitian ini termasuk penelitian pengembangan karena tujuannya adalah untuk menghasilkan suatu produk, penelitian ini di uji cobakan di Sekolah Dasar Negeri 76/IX Mendalo Darat, penelitian ini dilakukan kurang lebih 4 minggu yaitu 3 minggu pertama untuk proses penciptaan kreasi senam yang divalidasi oleh 3 ahli materi senam yaitu Windra Lesmana, S.Pd., M.Pd., Rini Purnama Sari, S.Pd., M.Pd., dan Agung Anggriawan, S.Pd., M.Pd. Masing-masing ahli materi dilakukan proses validasi sebanyak dua kali. 1 minggu terakhir yaitu untuk proses uji coba lapangan. Berdasarkan hasil validasi ahli materi tahap I diperoleh hasil yaitu ahli materi I tahap I 78% (baik), ahli materi II tahap I 64% (baik), ahli materi III tahap I 66% (baik). Untuk hasil validasi ahli materi tahap II diperoleh hasil yaitu ahli materi I tahap II 90% (sangat baik), ahli materi II tahap II 82% (sangat baik), ahli materi III tahap II 94% (sangat baik). Berdasarkan wawancara pada subjek uji coba dapat disimpulkan bahwa Produk Kreasi Senam Kognitif Pada Anak Sekolah Dasar Bernuansa Lagu Kartun gerakannya mudah diikuti, pemilihan lagu tepat sehingga senam disukai oleh anak-anak dan gerakan yang dilakukan dapat diikuti sehingga anak-anak ingin melakukan senamnya lagi. Kesimpulan penelitian ini yaitu Produk Kreasi Senam Kognitif Pada Anak Sekolah Dasar Bernuansa Lagu Kartun layak digunakan untuk anak sekolah dasar untuk memicu kognitif anak dikarenakan gerakannya mudah diikuti oleh anak sekolah dasar dan menggunakan musik dari film kartun yang disukai anak-anak.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Olahraga dan Kesehatan |
Depositing User: | Siregar |
Date Deposited: | 12 May 2022 03:23 |
Last Modified: | 12 May 2022 03:23 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/33399 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |