Augusti Yola, Salsa (2022) Strategi pengembangan usaha dengan optimalisasi pemasaran digital dimasa pandemic (studi pada toko twincakes, air hitam, sungai gelam, nuaro jambi). S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (9kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (412kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (363kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (214kB) |
![]() |
Text
lembar pengesahan.pdf Download (615kB) |
![]() |
Text
skripsi full salsa.pdf Restricted to Repository staff only Download (866kB) |
Abstract
Terdapat banyak cara yang dilakukan oleh marketer untuk Digital Marketing atau memasarkan suatu produk yang dikemas secara menarik ke khalayak umum untuk mempertahankan bisnisnya yaitu seperti menerapkan sistem cash on delivery (COD), pre order (PO) dengan penjualan via website. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pengembangan usaha yang dilakukan oleh usaha Twincakes melalui Digital Marketing di masa pandemi covid-19 dan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang berpengaruh dalam peningkatan konsumen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Sampel dari penelitian ini adalah 105 orang, yaitu pemilik toko Twincakes dua orang, satu orang admin pemesanan online, dan dua orang manajer produksi, serta konsumen atau pelanggan Twincakes. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan metode analisis SWOT dan uji validitas. Dari analisis SWOT, peneliti mendapatkan empat alternatif strategi pengembangan Twincakes yang diperoleh dari kombinasi SO yaitu, memaksimalkan pelaksanaan sistem COD dan PO melalui peningkatan jam operasional toko, melakukan penambahan variasi menu dengan biaya yang lebih murah untuk dapat menjangkau semua kalangan, meningkatkan pelayanan untuk menarik pelanggan khususnya yang sistem COD dan PO, dan memanfaatkan posisi toko yang strategis untuk mengadakan even-even promosi agar lebih dikenal oleh konsumen. Kemudian hasil uji validitas menunjukkan dari 27 item total terdapat 8 item yang memiliki nilai pearson correlations di bawah 0,164. Namun secara keseluruhan, item kuesioner tersebut dinyatakan valid. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Twincakes telah berhasil menerapkan empat strategi digital marketing dalam meningkatkan penjualannya walaupun belum optimal yaitu sistem COD, PO, Discount, dan variasi produk. Kata Kunci : Digital Marketing, COD, PO, Discount, Variasi Produk
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Digital Marketing, COD, PO, Discount, Variasi Produk |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Yola |
Date Deposited: | 12 May 2022 06:33 |
Last Modified: | 12 May 2022 06:33 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/33428 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |