ANANDARI, QALBI SHANAZ (2022) ANALISIS KESIAPAN GURU DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DI SDS JAI NALANDA KOTA JAMBI. S2 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
cover qalbi.pdf Download (164kB) |
![]() |
Text
persetujuan pengesahan qalbi.pdf Download (328kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK qb.pdf Download (147kB) |
![]() |
Text
BAB V qb.pdf Download (150kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA qb.pdf Download (396kB) |
Abstract
Pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 memberikan bentuk perubahan dalam segi pelaksanaan pembelajaran. Pembelajaran online merupakan solusi dari adanya permasalahan akibat Covid-19. Namun pada pelaksanaanya pembelajaran online masih menimbulkan dampak negatif. Pembelajaran dengan sistem blended learning merupakan solusi dari permasalahan pembelajaran online tersebut. Blended learning merupakan pembelajaran yang berpadu antara pembelajaran online dan offline yang dapat dilaksanakan secara synchronous maupun asynchronous. Terlaksananya pembelajaran blended learning dengan baik tdak terlepas dari bagaimana kesiapan guru dalam melaksanakan pembelajaran tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Swasta Jai Nalanda Kota Jambi pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif jenis fenomenologi,. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah dan empat orang guru yang terdiri dari guru kelas II, III, IV dan V. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi serta teknik analisis data dengan cara mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ditinjau dari bagaimana Penerapan blended learning, persiapan dan pelaksanaan, penguasaan teknologi, sarana dan prasarana kesulitan dan upaya serta evaluasi. Penerapan blended learning di SDS Jai Nalanda sudah memenuhi persyaratan sesuai protokol kesehatan, persiapan pembelajaran meliputi perangkat pembelajaran online dan offline, para guru mampu mengusai teknologi dengan baik, sarana dan prasarana telah menunjang pembelajaran blended learning seperti jaringan internet yang lancar dan ketersediaan TIK. Namun demikian tidak dipungkiri terdapat kendala khususnya dalam aspek pembelajaran pada siswa online maupun pada pembelajaran tatap muka yakni keterbatasan waktu pembelajaran. Upaya yang dapat diberikan seperti memberikan penguatan pada pembelajaran seperti mengerjakan latihan soal. Evaluasi pembelajaran pada blended learning dilihat dari uan siswa mengerjakan dan mengikuti pembelajaran dengan baik.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Anandari |
Date Deposited: | 13 May 2022 02:27 |
Last Modified: | 13 May 2022 02:27 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/33451 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |