IMPLEMENTASI BLENDED LEARNING DI SD NEGERI 141/II LUBUK PADA MASA COVID-19

Kurniawati, Eka (2022) IMPLEMENTASI BLENDED LEARNING DI SD NEGERI 141/II LUBUK PADA MASA COVID-19. S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (169kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN DAN PERSETUJUAN.pdf

Download (356kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (261kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (261kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (252kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (376kB)

Abstract

Pengimplementasian Blended leaning dapat menjadi salah satu alternatif pembelajaran yang dapat diterapkan pada masa covid-19. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan penerapan blended learning di SD Negeri 141/II Lubuk pada masa covid-19, (2) mendeskripsikan kendala-kendala dalam penerapan blended learning di SD Negeri 141/II Lubuk pada masa covid-19. Metode penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Sumber data yang digunakan dalam pengumpulan data adalah sumber primer dan sumber sekunder. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara dan dokumen. Wawancara dilakukan dengan Kepala Sekolah dan Guru kelas 1 sampai kelas 6 SD Negeri 141/II Lubuk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran blended learning di SD Negeri 141/II Lubuk meliputi Perencanaan, Pelaksanaan, dan Penilaian/Evaluasi. Perencanaan pembelajaran dilakukan dengan mempersiapkan materi pembelajaran, menyiapkan sarana dan prasarana penunjang pembelajaran, dan sosialisasi sebelum dimulainya pelaksanaan pembelajaran berbasis Blended Learning. Pelaksanaan Pembelajaran Blended Learning meliputi pembelajaran online dan pembelajaran tatap muka. Sedangkan penilaian yang dilakukan berkaitan dengan penilaian k13 pada umumnya. Pada pelaksanaannya blended learning di SD Negeri No.141/II Lubuk, guru kelas memiliki kendala diantaranya, (1) kendala dalam kestabilan sinyal yang dialami guru kelas 1-5; (2) keterbatasan HP Android dialami guru kelas 1, 2, dan 4; (3) kendala adanya kuota internet yang dialami guru kelas 1 dan 5; (4) keterbatasan kemampuan guru dalam menggunakan media elektronik dialami oleh guru kelas 6; (5) waktu pembelajaran yang terbatas dialami guru kelas 1–6.

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Kurniawati
Date Deposited: 13 May 2022 02:29
Last Modified: 13 May 2022 02:29
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/33453

Actions (login required)

View Item View Item