Mawaddah, Laura (2022) Pengaruh Literasi Digital dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Empiris Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 6 Batang Hari Tahun Ajaran 2020/2021). S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (264kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (417kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (162kB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Daftar Rujukan.pdf Download (134kB) |
![]() |
Text
Full Skripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
![]() |
Text
Halaman Persetujuan dan Halaman Pengesahan.pdf Download (657kB) |
Abstract
Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran dari rumah di masa pandemi Covid-19 yang mana pentingnya siswa menerapkan literasi digital sebagai sumber informasi dan kemandirian belajar sebagai cara belajar untuk meningkatkan prestasi belajar selama masa pandemi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dari variabel Pengaruh Literasi Digital dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Empiris Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 6 Batang Hari Tahun Ajaran 2020/2021) baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini dilakukan di SMA Negei 6 Batang Hari. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 6 Batang Hari yang berjumlah 94 siswa sebagai responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah total sampling atau sensus, karena keseluruhan populasi dijadikan sampel penelitian. Teknik mengumpulkan data menggunakan angket Google form, dan dalam penelitian ini teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji parsial (uji t), uji simultan (uji F), koefisien determinasi secara simultan (R^2). Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Tidak terdapat pengaruh antara Literasi Digital terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Masa Pandemi Covid-19 Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 6 Batang Hari. Hal ini ditunjukkan melalui perhitungan dari nilai thitung lebih kecil dari nilai ttabel (0,181 < 1,661) dan nilai signifikan lebih besar dari nilai probabilitas yaitu 0,857 > 0,05, (2) Terdapat pengaruh antara Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Masa Pandemi Covid-19 Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 6 Batang Hari. Hal ini ditunjukkan melalui perhitungan dari nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel (2,261 > 1,661) dan nilai signifikan lebih kecil dari nilai probabilitas yaitu 0,26 < 0,05, (3) Terdapat pengaruh antara Literasi Digital dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Masa Pandemi Covid-19 Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 6 Batang Hari. Hal ini ditunjukkan melalui perhitungan dari nilai Fhitung lebih besar dari nilai Ftabel (4,393 > 3,10), dan nilai signifikan lebih kecil dari nilai probabilitas yaitu 0,015 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh antara literasi digital terhadap prestasi belajar, terdapat pengaruh antara kemandirian belajar terhadap prestasi belajar, terdapat pengaruh antara literasi digital dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar dengan R^2 8,8%. Diharapkan kedepannya siswa dapat lebih mengoptimalkan penerapan literasi digital ke arah yang baik serta positif dan meningkatkan kemandirian belajar agar tidak selalu bergantung pada orang lain dalam upaya meningkatkan prestasi belajar. Abstract This research is motivated by the learning process from home during the Covid-19 pandemic where it is important for students to apply digital literacy as a source of information and independent learning as a way of learning to improve learning achievement during the pandemic. This study aims to determine the description of the variables of the influence of digital literacy and learning independence on learning achievement in economic subjects during the Covid-19 pandemic (Empirical Study of Class XI Social Studies Students at SMA Negeri 6 Batang Hari, Academic Year 2020/2021) both partially and simultaneously. This research was conducted at SMA Negeri 6 Batang Hari. This research is a research that uses a quantitative approach with ex post facto research methods. The population in this study were students of class XI IPS SMA Negeri 6 Batang Hari, totaling 94 students as respondents. The sampling technique used in this study was total sampling or census, because the entire population was used as the research sample. The technique of collecting data using a Google form questionnaire, and in this study the data analysis techniques used were descriptive analysis, normality test, linearity test, multicollinearity test, heteroscedasticity test, partial test (t test), simultaneous test (F test), coefficient of determination simultaneous (R^2). The results in this study indicate that: (1) There is no influence between Digital Literacy on Learning Achievement in Economic Subjects during the Covid-19 Pandemic Period for Class XI Social Sciences SMA Negeri 6 Batang Hari. This is shown through the calculation of the tcount value which is smaller than the ttable value (0.181 < 1.661) and a significant value greater than the probability value, namely 0.857 > 0.05, (2) There is an influence between Learning Independence on Learning Achievement in Economics Subjects during a Pandemic Covid-19 Class XI IPS Students of SMA Negeri 6 Batang Hari. This is shown through the calculation of the tcount value greater than the ttable value (2.261 > 1.661) and the significant value smaller than the probability value, namely 0.26 < 0.05, (3) There is an influence between Digital Literacy and Learning Independence on Eye Learning Achievement Economics Lessons During the Covid-19 Pandemic for Class XI IPS Students of SMA Negeri 6 Batang Hari. This is indicated by the calculation of the Fcount value greater than the Ftable value (4.393 > 3.10), and the significant value is smaller than the probability value, namely 0.015 < 0.05. So it can be concluded that there is no influence between digital literacy on learning achievement, there is an influence between learning independence on learning achievement, there is an influence between digital literacy and learning independence on learning achievement with R^2 8.8%. It is hoped that in the future students can further optimize the application of digital literacy in a good and positive direction and increase learning independence so that they do not always depend on others in an effort to improve learning achievement.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Prestasi Belajar, Literasi Digital, Kemandirian Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mawaddah |
Date Deposited: | 13 May 2022 07:01 |
Last Modified: | 13 May 2022 07:01 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/33469 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |