PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN 25/IV KOTA JAMBI

SYATUROIFAH, ANIS (2022) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN 25/IV KOTA JAMBI. S2 thesis, UNIIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (11kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (306kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (115kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (104kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx.pdf

Download (219kB)

Abstract

Kata Kunci : Model Pembelajaran Picture And Picture, Keaktifan Siswa, Pelajaran Matematika Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah penggunaan model pembelajaran picture and picture digunakan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada pelajaran Matematika kelas IV pada materi menghitung luas dan keliling bangun datar (persegi, persegi panjang, segitiga). Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dilakukan sebanyak dua siklus dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Model ini terdapat empat tahapan yang harus dilakukan pada tiap siklusnya yaitu perencanaan, pemberian tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 25/ IV Kota Jambi yang terdiri dari 16 siswa. Data penelitian diperoleh melalui observasi langsung selama pembelajan, catatan dan refleksi guru, catatan siswa. Hasil penelitian ini menunjukan keaktifan belajar siswa pada prasiklus skor keaktifan siswa sebesar 3,4% dan pada siklus I diperoleh skor keaktifan sebesar 5,5% sedangkan skor keaktifan pada siklus II sebesar 7,8%. Begitu pula dengan hasil belajar siswa menunjukan pada prasiklus nilai rata-rata yaitu 60 sedangkan pada siklus I dengan nilai rata-rata 77,5. Pada siklus II hasil belajar juga meningkat yaitu dengan nilai rata-rata 81,25.Dengan demikian penggunaan model pembelajaran Picture And Picture pada pembelajaran matematika kelas IV SDN 25/IV Kota Jambi dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa.

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Syaturoifah
Date Deposited: 13 May 2022 03:44
Last Modified: 13 May 2022 03:44
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/33477

Actions (login required)

View Item View Item