ANALISIS BUKU TEMATIK II KELAS III KURIKULUM 2013 MENYAYANGI TUMBUHAN DAN HEWAN UNTUK PEMBELAJARAN ABAD KE-21

Syahrial, Andari Amalia (2022) ANALISIS BUKU TEMATIK II KELAS III KURIKULUM 2013 MENYAYANGI TUMBUHAN DAN HEWAN UNTUK PEMBELAJARAN ABAD KE-21. S2 thesis, Pendidikan Dasar.

[img] Text
COVER.pdf

Download (104kB)
[img] Text
halaman persetujuan.pdf

Download (166kB)
[img] Text
Halaman pengesahan.pdf

Download (170kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (290kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (197kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (206kB)

Abstract

Penelititan ini dilatar belakangi dari perspektif Pujiriyanto (2019) mengenai teori pendidikan dan tuntutan pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan abad ke-21. Proses pelaksanaan pendidikan harus selalu dinamis, yaitu selalu menyesuaikan model-model dan kegiatan pembelajaran dengan bermacam-macam karakteristik siswa yang hidup pada zamannya, atau yang dikenal dengan generasi milenial (z) pada masa kini. Sedangkan majoritas para guru di Indonesia hanya mengandalkan kegiatan pembelajaran yang tersedia di dalam buku tematik yang disediakan pemerintah untuk mengimplementasikan Kurikulum Tahun 2013. Berkaitan dengan karakteristik siswa pada abad ke-21 ini telah banyak dibicarakan oleh pakar pendidikan, siswa abad ke-21 ini memiliki karakteristik sangat berbeda dengan karakteristik guru mereka yang juga menjadi siswa jauh sebelum menjadi guru. Oleh karena itulah penelitian ini dilakukan untuk menganalisa kegiatan pembelajaran pada Buku Tematik II Kelas III “Menyayangi Tumbuhan dan Hewan” dengan Menggunakan Karakteristik Pembelajaran Abad Ke-21. Jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode analisis isi kualitatif (qualitative content analysis). Data dari penelitian adalah kegiatan pembelajaran berkarakteristik abad ke-21 yang ditemukan dari buku guru dan buku siswa pada Buku Tematik II Kelas III “Menyayangi Tumbuhan dan Hewan.” Dari hasil analisis penelitian, dapat disimpulkan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Kelas III, Tema 2: Menyayangi Tumbuhan dan Hewan, terbitan Kemendikbud Indonesia, tidak lagi memenuhi karakteristik peserta didik abad ke-21 dan tidak dapat digunakan sebagai sumber belajar yang efektif yang memfasilitasi siswa untuk mencapai tujuan pemebelajaran, baik dari segi keilmuan, sikap dan keterampilan, walaupun beberapa indikator masih terlihat relevan.

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Syahrial
Date Deposited: 13 May 2022 06:56
Last Modified: 13 May 2022 06:56
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/33479

Actions (login required)

View Item View Item