HUBUNGAN GAYA PENGASUHAN ORANGTUA (PARENTING STYLE) OTORITATIF DENGAN EMPATI ANAK PADA TAMAN KANAK-KANAK XAVERIUS 1 JAMBI

Tumewa Pangaribuan, Affan Yusra

Abstract


In the process of forming a child's personality, one form of feeling and thinking that needs to be developed is empathy. The child's empathetic attitude that is directed towards a better direction will be useful in the child's life later, especially when the child is socializing and interacting socially. This study aims to describe the relationship between authoritative parenting style and early childhood empathy. This research is expected to provide benefits for PAUD teachers and parents in an effort to develop children's empathy and shape children's personalities. The parents of Xaverius I Jambi Kindergarten students were used as suggestions to obtain research data. They were given a number of questions to explore their parenting style towards children and to what extent children's empathy can be developed. The data is then processed using quantitative statistical calculations with the product moment correlation formula. Based on the data that has been analyzed, the results show that there is a moderate correlation between authoritative parenting style and empathy for early childhood children at Xaverius I Kindergarten Jambi.

Keywords: Authoritative Parenting Style; Early Childhood Empathy.

 

Abstrak

Dalam proses pembentukan kepribadian anak, salah satu bentuk perasaan dan pemikiran yang perlu di tumbuh kembangkan adalah empati. Sikap empati anak yang diarahkan kearah yang lebih baik akan berguna dalam kehidupan anak nantinya, terutama saat anak bersosialisasi dan berinteraksi sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan gaya pengasuhan orangtua (parenting style) yang otoritatif dengan empati anak usia dini. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat pada guru PAUD dan orangtua dalam usaha menumbuhkembangkan empati anak dan membentuk kepribadian anak. Para orangtua siswa TK Xaverius I Jambi dijadikan saran untuk mendapatkan data penelitian. Mereka diberikan sejumlah pertanyaan untuk menggali gaya pengasuhan mereka terhadap anak dan sejauh apa empati anak dapat dikembangkan. Data kemudian di olah menggunakan perhitungan statistic kuantitatif dengan rumus korelasi product moment.    Berdasarkan data yang sudah dianalisis, diperoleh hasil yang menunjukkan terdapat korelasi sedang hubungan memadai antara gaya pengasuhan (parenting style) orangtua otoritatif dengan empati anak usia dini di TK Xaverius I Jambi.

Keywords: Gaya Pengasuhan Orang Tua Otoritatif; Empati Anak Usia Dini.  


Full Text:

PDF

References


Asbari, M., Santoso, P. B., & Purwanto, A. (2019). Pengaruh Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Terhadap Perilaku Kerja Inovatif pada Industri 4.0. Jim UPB, 8(1), 7–15. https://doi.org/ttps://doi.org/10.33884/jimupb.v8i1.1562

Dede Aas. (2021). DAMPAK POLA ASUH OTORITER TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI. 6(1), 13–26.

Hidayah, R. (2021). Meningkatkan Pola Pengasuhan Otoritatif melalui Program Excellent Parenting. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 11(2), 204–216. https://doi.org/10.26740/jptt.v11n2.p204-2016

Jihan Fadhilah Arsyad,Andi Sitti Umrah, Y. S. (2020). STUDI GAYA PENGASUHAN ORANG TUA TERHADAP ANAK BATITA STUNTING PADA MASYARAKAT PESISIR STUDY. JURNAL VOICE OF MIDWIFERY Nomor, 10(1), 903–910.

Krisdayanti, Y. (2020). HUBUNGAN POLA ASUH OTORITER TERHADAP TINGKAT KEDISIPLINAN BELAJAR PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR (The. VIII(2), 20–29.

Mulyati, M. (2021). Peran Pengasuhan Orangtua Terhadap Perilaku Anak Usia Dini: Survey Pada Orangtua Di Sps Renggali. Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu Dan Budaya Islam, 4(01), 16–33. http://stitalamin.ac.id/jurnal/index.php/alamin/article/view/82

Nurhayani. (2018). PENALARAN MORAL ANAK DITINJAU DARI GAYA PENGASUHAN DAN JENIS KELAMIN. Jurnal Penelitian Dan Pengukuran Psikologi, 10(1), 1–72. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JPPP.071.04

Peristianto, S. V., Arum, A. D., & Afiati, N. S. (2015). Pelatihan keterampilan mengasuh empati dalam meningkatkan kualitas. 254–264.

Ritto, E. Y., Hartanti, H., & Elisabeth, M. P. (2020). Pola Asuh Otoritatif dengan Kemandirian Anak Down Syndrome dalam Melakukan Activity Daily Living. KELUWIH: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 1(1), 41–45. https://doi.org/10.24123/soshum.v1i1.2849

Satrianingrum, A. P., & Andriyanti, E. (2020). Risk of Permissive Parenting by Parents and Grandmother on Child ’ s Language Achievement. 13(3), 239–249.

Suryadi, B., Soriha, E., & Rahmawati, Y. (2017). PENGARUH GAYA PENGASUHAN ORANG TUA, KONSEP DIRI, DAN REGULASI DIRI TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI SISWA. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jip.v23i2.10969

Tyas, A. S., & Sumargi, A. M. (2019). GAYA PENGASUHAN ORANGTUA DENGAN PERILAKU BERMASALAH PADA ANAK TAMAN KANAK-KANAK (TK). Experientia: Jurnal Psikologi Indonesia, 7(1), 11–18. https://doi.org/10.33508/exp.v7i1.2118




DOI: https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v5i2.8872

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats