Haris, Ahmad and Pahar, Eddy and Yusra, Hilman (2022) Efektivitas Penggunaan Aplikasi Google Classroom Terhadap Kemampuan Literasi Baca-Tulis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 22 Kota Jambi :. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Skripsi Full Teks Ahmad Haris.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
Cover skripsi.pdf Download (58kB) |
![]() |
Text
Halaman Persetujuan AH.pdf Download (640kB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan AH.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (287kB) |
![]() |
Text
BAB1.pdf Download (94kB) |
![]() |
Text
BAB2.pdf Download (119kB) |
![]() |
Text
BAB3.pdf Download (107kB) |
![]() |
Text
BAB4.pdf Download (174kB) |
![]() |
Text
BAB5.pdf Download (11kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (87kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan aplikasi Google Classroom terhadap kemampuan literasi baca-tulis siswa Siswa Kelas VIII SMP N 22 Kota Jambi. penelitian ini subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIII G dan guru bahasa Indonesia di SMP N 22 Kota Jambi. Penelitian ini difokuskan pada keefektivan dalam penggunaan aplikasi Google Classroom terhadap kemampuan literasi baca-tulis pada kelas VIII G. Sedangkan objeknya yaitu bagaimana proses kegiatan belajar mengajar di kelas yang berkaitan dengan efektivitas aplikasi Google Classroom terhadap kemampuan literasi baca-tulis kelas VIII G. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Ada beberapa hal yang dapat menguji kevaliditasan data yang telah dipaparkan oleh peneliti. Pertama, melalui uji turnitin dan dapat dilakukan dengan mengkonsultasikan hasil penelitian yang telah disusun oleh peneliti kepada dosen pembimbing. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa keefektifan aplikasi google classroom terhadap kemampuan literasi baca-tulis siswa kelas VIII SMP N 22 Kota Jambi masih belum optimal, terdapat temuan penelitian seperti Siswa kurang minat dalam membaca dan menulis dalam aplikasi Google Classroom ini dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti pengaruh aplikasi-aplikasi media sosial dan game online. Faktor-faktor ini yang menyebabkan siswa lebih fokus ke aplikasi lain daripada fokus menulis dan membaca dalam Google Classroom. Di sisi lain Metode yang guru terapkan ini dirasa kurang efektif untuk menunjang kemampuan litersi baca- tulis siswa. Hal ini disebabkan karena kebanyakan siswa banyak yang kurang minat membaca dan juga guru tidak mengetahui apakah file yang dikirimkan dibaca atau tidak oleh siswa.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | HARIS |
Date Deposited: | 17 May 2022 06:35 |
Last Modified: | 17 May 2022 06:35 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/33488 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |