NILAI-NILAI KARAKTER SYEKH SULAIMAN AR RASULI DAN IMPLEMENTASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS X IPS 1 SMA ADHYAKSA 1 JAMBI

NISA, ELVIRA (2022) NILAI-NILAI KARAKTER SYEKH SULAIMAN AR RASULI DAN IMPLEMENTASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS X IPS 1 SMA ADHYAKSA 1 JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Skripsi Yudisium Elvira Nisa.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
cover yudisium.pdf

Download (441kB)
[img] Text
pesetujuan, pengesahan yudisium.pdf

Download (280kB)
[img] Text
BAB I yudisium.pdf

Download (286kB)
[img] Text
BAB V yudisium.pdf

Download (165kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN yudisium.pdf

Download (284kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id

Abstract

ABSTRAK Nisa, Elvira. 2022. Nilai-nilai Karakter Syekh Sulaiman Ar-Rasuli dan Implementasinya dalam Pembelajaran Sejarah Siswa Kelas X IPS 1 SMA Adhyaksa 1 Jambi : Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing (1) Drs. Budi Purnomo, M.Hum., M.Pd. Pembimbing (2) Nelly Indrayani, S.Hum., M.Hum. Kata Kunci: Implementasi, Nilai-nilai Karakter Syekh Sulaiman Ar-Rasuli, Pembelajaran Sejarah Pembelajaran sejarah identik dengan tokoh-tokoh nasional yang dapat membentuk karakter pada siswa untuk dapat memahami serta menjiwai nilai kebangsaan serta menanamkan masa depan yang penuh dengan tantangan dan kejutan. Namun banyak sekolah yang belum mengimplementasikan nilai-nilai karakter tokoh nasional pada pembelajaran. Terdapat banyak tokoh nasional di Indonesia salah satunya Syekh Sulaiman Ar-Rasuli. Berdasarkan permasalahan yang terjadi pada siswa SMA Adhyaksa 1 Jambi yang masih banyak terdapat karakter yang kurang baik hal ini tentunya akan sangat baik bagi kehidupan pendidikan jika nilai karakter positif beliau diimplementasikan dalam pembelajaran sejarah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi nilai-nilai karakter Syekh Sulaiman Ar-Rasuli dalam pembelajaran sejarah siswa kelas X IPS 1 SMA Adhyaksa 1 Jambi, mulai dari perencanaan pembelajaran, proses pembelajaran serta hambatan dan solusi dalam mengatasi hambatan yang ditemukan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan pendekatan berupa naturalistik inquiry. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi nilai-nilai karakter Soeharto dalam pembelajaran siswa kelas X IPS 1 SMA Adhyaksa 1 Jambi adalah (1) Dari hasil observasi dan wawancara guru sejarah terdapat 4 nilai karakter yang diiplementasikan diantaranya pemberani yaitu agar siswa memiliki jiwa pemberani dalam mengikuti pembelajaran dikelas, nasionalis yaitu agar siswa dapat menghargai bagaimana perjuangan tokoh-tokoh bangsa, gigih yaitu agar siswa memiliki kegigihan dalam menuntut ilmu, tekun yaitu agar siswa dapat tekun belajar da pantang menyerah (2) Dari hasil kuisioner (angket), menunjukkan tingkat implementasi nilai-nilai karakter Syekh Sulaiman Ar-Rasuli dalam pembelajaran sejarah siswa kelas X IPS 1 SMA Adhyaksa Jambi 81% (sangat baik). Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat nilai-nilai karakter Syekh Sulaiman Ar-Rasuli yang dapat diterapkan dalam pembelajaran sejarah siswa kelas X IPS 1 SMA Adhyaksa 1 Jambi yang diantaranya nilai pemberani, nasionalis, gigih, dan tekun.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Nilai-nilai Karakter Syekh Sulaiman Ar-Rasuli, Pembelajaran Sejarah
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: NISA
Date Deposited: 17 May 2022 06:51
Last Modified: 17 May 2022 06:51
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/33497

Actions (login required)

View Item View Item