PENGEMBANGAN MEDIA GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATERI PERBANDINGAN SISWA KELAS VII SMP

WULANDARI, MARLENI (2022) PENGEMBANGAN MEDIA GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATERI PERBANDINGAN SISWA KELAS VII SMP. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (186kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (512kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (13kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (246kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (114kB)
[img] Text
MARLENI WULANDARI (A1C218087)_SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penggunaan media pembelajaran dalam proses pembelajaran sangatlah penting. Pembelajaran matematikapun membutuhkan media pembelajaran agar suasana kelas tidak membosankan dan dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar matematika. Namun, di kondisi nyata penggunaan media pembelajaran masih kurang bervariasi karena terkendala waktu pembuatannya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa game edukasi berbasis android untuk meningkatkan motivasi belajar pada materi perbandingan siswa kelas VII SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE yang meliputi analyze (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), and evaluation (evaluasi). Subjek penelitian ini adalah dosen Pendidikan matematika FKIP Universitas Jambi sebagai tim ahli validasi, guru matematika kelas VII SMP Negeri 22 Kota Jambi, serta peserta didik kelas VII SMP Negeri 22 Kota Jambi. Hasil Penelitian yang diperoleh yaitu media pembelajaran berupa game edukasi berbasis android. Media game edukasi berbasis android ini dapat diaplikasikan menggunakan smartphone. Media game edukasi berbasis android ini fokus pada materi perbandingan untuk siswa kelas VII SMP dengan menyajikan contoh soal dan soal latihan yang kontekstual serta menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh peserta didik. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan beberapa kali direvisi hingga menghasilkan media pembelajaran berupa game edukasi berbasis android yang diharapkan dan bermanfaat. Dengan tingkat kualitas media ditinjau berdasarkan 3 kriteria, yaitu: valid, praktis dan efektif. Dari hasil penelitian diperoleh: 1) persentase kevalidan media dari ahli materi 86,15% (valid) dan dari ahli desain 85,71% (valid), 2) persentase kepraktisan media oleh pendidik 89,33% dan oleh peserta didik 88,73%, kemudian diperoleh rata-rata skor kepraktisan sebesar 89,03% (Sangat Praktis), 3) keefektifan media untuk meningkatkan motivasi belajar dilihat dari perolehan uji t dengan thitung = 24,45 > ttabel = 2,024 dengan demikian, media game edukasi berbasis android efektif untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil persentase dari ketuntasan tes hasil belajar sebesar 85,2%.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Game Edukasi, Android, Motivasi Belajar, Perbandingan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: WULANDARI
Date Deposited: 17 May 2022 08:05
Last Modified: 17 May 2022 08:05
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/33545

Actions (login required)

View Item View Item