PENGEMBANGAN INSTRUMEN FIVE-TIER DIAGNOSTIC TEST UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA TENTANG ENERGI DAN HUKUM KEKEKALAN ENERGI

WAHYUNI, SRI (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMEN FIVE-TIER DIAGNOSTIC TEST UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA TENTANG ENERGI DAN HUKUM KEKEKALAN ENERGI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
halaman.pdf

Download (428kB)
[img] Text
skripsi fix sri wahyuni.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (258kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (16kB)
[img] Text
bab 5.pdf

Download (10kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (370kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Miskonsepsi merupakan kesalahan konseptual yang bisanya di latar belakangi dengan rasa percaya diri akan suatu jawaban yang tidak sesuai dengan teori ilmiah. Miskonsepsi menjadi salah satu faktor penghambat siswa dalam belajar siswa. Oleh karena itu diperlukan instrumen untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa. Salah satu instrumen yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa yaitu instrumen tes diagnostik berformat five tier. Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengembangkan instrumen five - tier diagnostic test pada materi Energi dan Hukum Kekekalan Energi, (2) Untuk mengetahui kelayakan instrumen five - tier diagnostic test pada materi Energi dan Hukum Kekekalan Energi. Penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D), sedangkan model penelitian yaitu 4D yang terdiri dari tahapan define, design, dan develop. Subjek uji coba yaitu seluruh siswa kelas XII dan XI IPA SMA N 1 Tanjung Jabung Timur dengan mengisi link google form. Data dalam penelitian ini diperoleh dari validasi ahli, wawancara dan penyebaran instrumen. Teknik analisis data kualitatif yaitu dengan lembar validasi ahli dan wawancra sedangkan teknik analisis data kuantitatif yaitu dengan uji validitas dan reliabilitas. Hasil dari pengembangan produk ini berupa instrumen tes five tier memuat 9 butir soal yang telah ter uji nilai validitas serta reliabilitasnya. Adapun nilai validitas tiap item soal > 0,3 artinya instrumen ini telah valid dan diperoleh niali reliabilitas sebesar 0,704 dengan katagori tinggi. Adapun hasil validasi oleh validator 1 dan 2 diperoleh presentase kelayakan masing – masing 89,58% dan 98,75%. Berdasarkan hal tersebut dapat dikatakan bahwa instrumen yang dikembangkan valid dan reliabel serta dapat digunakan untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Five Tier, Miskonsepsi, Energi dan Hukum Kekekalan Energi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Wahyuni
Date Deposited: 18 May 2022 02:26
Last Modified: 18 May 2022 02:26
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/33547

Actions (login required)

View Item View Item