Pengembangan Media Virtual Laboratory Menggunakan Adobe Flash CS5.5 pada Materi Difraksi untuk Mengukur Panjang Gelombang LASER dan Cahaya Tampak

Dea Amanda, Fleony (2022) Pengembangan Media Virtual Laboratory Menggunakan Adobe Flash CS5.5 pada Materi Difraksi untuk Mengukur Panjang Gelombang LASER dan Cahaya Tampak. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Draft Skripsi fleony dea amanda revisi chapter 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (26kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (112kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (165kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN FLEONY.pdf

Download (362kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Amanda, Fleony Dea.2022. Pengembangan media virtual laboratory menggunakan adobe flash cs5.5 pada materi difraksi untuk mengukur panjang gelombang pada LASER dan cahaya tampak: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Sri Purwaningsih, S.Si., M.Si, (II) Rahma Dani S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Media, Laboratorium, LASER. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan mengadakan praktikum secara langsung ditengah pandemi Covid 19 di Universitas Jambi dan kurang maksimalnya penggunaan alat praktikum yang sudah tersedia di Laboratorium karena tidak adanya penuntun praktikum. Praktikum fisika modern khususnya pada materi difraksi LASER dan cahaya tampak untuk mengukur panjang gelombang belum pernah dilakukan di Laboratorium Fisika Dasar Universitas Jambi meskipun berdasarkan data observasi awal lebih dari 50% mahasiswa menyatakan bahwa untuk mengukur panjang gelombang LASER dan cahaya tampak pada materi difraksi dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti frekuensi dari setiap spektrum warna cahaya tampak tidak dapat dipelajari tanpa praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan laboratorium virtual pada materi difraksi untuk mengukur panjang gelombang LASER dan cahaya tampak menggunakan adobe flash cs5.5, mengetahui kelayakan dari laboratorium virtual pada materi difraksi untuk mengukur panjang gelombang LASER dan cahaya tampak sebagai media pengganti praktikum serta mengetahui persepsi mahasiswa terhadap laboratorium virtual pada materi difraksi untuk mengukur panjang gelombang LASER dan cahaya tampak yang dikembangkan dan mengetahui hasil evaluasi laboratorium virtual pada materi difraksi untuk mengukur panjang gelombang LASER dan cahaya tampak oleh praktisi lapangan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model penelitian 4D. model 4D terdiri atas 4 tahapan yaitu define, design, develop dan disseminate. Penelitian ini mengembangkan sebuah media pembelajaran pengganti praktikum yaitu laboratorium virtual. Dalam mengumpulkan data pada penelitian ini menggunakan lembar validasi, angket persepsi mahasiswa dan angket evaluasi praktisi lapangan. Berdasarkan data yang didapatkan pada tahap validasi laboratorium virtual yaitu pada validasi media 91,67%, validasi materi 100% dan validasi kebahasaan 100% menunjukkan laboratorium virtual berada pada kategori sangat layak untuk digunakan dan berdasarkan data yang didapatkan pada tahap uji coba pengembangan produk didapatkan data untuk uji coba terbatas dengan persentase sebesar 84,82% dan pada uji coba lapangan utama mempunyai persentase 84,82% menunjukkan bahwa menurut mahasiswa laboratorium virtual layak digunakan dalam pembelajaran fisika modern khususnya pada materi difraksi LASER dan cahaya tampak sebagai media pengganti praktikum sedangkan pada penilaian laboratorium virtual oleh dosen pengampu didapatkan total skor 49 dengan persentase 94,23% yang menunjukkan laboratorium virtual layak digunakan dan dapat memenuhi tujuan pembelajaran. ABSTRACT Amanda, Fleony Dea. 2022. Development of virtual laboratory media using adobe flash cs5.5 on diffraction material to measure wavelengths in LASER and visible light: Thesis, Department of Mathematics and Natural Sciences Education, FKIP Jambi University, Advisor: (I) Dr. Sri Purwaningsih, S.Si., M.Si, (II) Rahma Dani S.Pd., M.Pd. Keywords: Media, Laboratory, LASER. This research was motivated by the difficulty of holding practicals directly in the midst of the Covid 19 pandemic at Jambi University and the lack of maximum use of practicum tools that were already available in the laboratory due to the absence of a practicum guide. Modern physics practicum, especially on LASER diffraction material and visible light to measure wavelengths has never been done at the Basic Physics Laboratory, Jambi University, although based on initial observation data, more than 50% of students stated that measuring the wavelength of LASER and visible light on diffraction material is influenced by several factors. Factors such as the frequency of each color spectrum of visible light cannot be studied without practice. This study aims to produce a virtual laboratory on diffraction material to measure LASER wavelengths and visible light using Adobe Flash CS5.5, determine the feasibility of a virtual laboratory on diffraction material to measure LASER wavelengths and visible light as a substitute medium for practicum and determine student perceptions of a virtual laboratory on diffraction materials to measure LASER and visible light wavelengths developed and knowing the results of virtual laboratory evaluations on diffraction materials to measure LASER and visible light wavelengths by field practitioners. This research is a development research with a 4D research model. 4D model consists of 4 stages, namely define, design, develop and disseminate. This research develops a learning media as a substitute for practicum, namely a virtual laboratory. In collecting data in this study using validation sheets, student perception questionnaires and field practitioner evaluation questionnaires. Based on the data obtained at the virtual laboratory validation stage, namely 91.67% media validation, 100% material validation and 100% linguistic validation, it shows that the virtual laboratory is in the very feasible category to use and based on the data obtained at the product development trial stage, data obtained for a limited trial with a percentage of 84.82% and in the main field trial having a percentage of 84.82% indicating that according to students the virtual laboratory is suitable for use in modern physics learning, especially on LASER diffraction and visible light as a substitute medium for practicum while in the assessment virtual laboratory by the lecturers obtained a total score of 49 with a percentage of 94.23% which indicates the virtual laboratory is feasible to use and can meet learning objectives.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media, Laboratorium, LASER.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Amanda
Date Deposited: 18 May 2022 02:57
Last Modified: 18 May 2022 02:57
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/33553

Actions (login required)

View Item View Item