Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Mengkonstruksi Konsep Kesebangunan dan Kekongruenan

Lestari, Sri Rezeki (2022) Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Mengkonstruksi Konsep Kesebangunan dan Kekongruenan. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI SRI REZEKI LESTARI (RSA1C217012).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (104kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan dan Halaman Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (87kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (393kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (360kB)
[img] Text
Daftar Rujukan.pdf

Download (299kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan representasi matematis siswa dalam mengkonstruksi konsep saat menyelesaikan soal kesebangunan dan kekongruenan. Tujuan penelitian ini untuk untuk mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan representasi matematis siswa dalam mengkonstruksi konsep kesebangunan dan kekongruenan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX Al-Bukhori MTS Al-Hidayah Kebon IX Muaro Jambi. Dari satu kelas sebagai calon subjek terbagi menjadi 3 kelompok berdasarkan prosedur pengerjaan di lembar jawaban. Kelompok pertama, yaitu kelompok yang membuat gambar dan langkah-langkah pengerjaan dengan benar. Kelompok kedua, yaitu kelompok yang kurang tepat dalam membuat gambar dan kurang lengkap menuliskan langkah-langkah penyeleaian soal. Dan kelompok ketiga, yaitu kelompok yang kurag tepat dalam membuat gambar namun menuliskan sedikit langkah-langkah dalam penyelesaian soal. Dari tiap kelompok diambil 1 siswa yang dijadikan sebagai subjek penelitian. Instumen penelitian ini terdiri dari lembar tes yang menggunakan metode think aloud dan wawancara. Peneliti melakukan pengumpulan data, reduksi data, pemaparan data yang kemudian dianalisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa satu siswa memenuhi 5 indikator dari 6 indikator kemampuan representasi matematis dalam mengkonstruksi konsep kesebangunan dan kekongruenan sedangkan kedua siswa memenuhi 2 indikator dari 6 indikator kemampuan representasi matematis dalam mengkonstruksi konsep kesebangunan dan kekongruenan. Dari kedua siswa tersebut, siswa kurang terbiasa dan lupa dalam menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan dalam soal dan keinginan siswa untuk langsung menjawab dari apa yang diperintahkan pada soal. Kata kunci : Kemampuan Representasi Matematis, Konstruksi Konsep, Kesebangunan dan Kekongruenan. This research is motivated by the low ability of students' mathematical representation in constructing concepts when solving congruence and congruence problems. The purpose of this study was to describe and analyze students' mathematical representation skills in constructing the concepts of congruence and congruence. This type of research is qualitative research. The subjects of this study were students of class IX Al-Bukhori MTS Al-Hidayah Kebon IX Muaro Jambi. From one class as prospective subjects, they are divided into 3 groups based on the working procedure on the answer sheet. The first group, namely the group that makes pictures and the steps of working correctly. The second group, namely the group that is less precise in making pictures and incomplete in writing the steps for solving the questions. And the third group, namely the group that is less precise in making pictures but writes down a few steps in solving the problem. From each group, 1 student was taken as the research subject. The research instrument consisted of a test sheet using the think aloud method and interviews. Researchers conducted data collection, data reduction, data exposure which was then analyzed. The results of this study indicate that one student meets 5 indicators of 6 indicators of mathematical representation ability in constructing the concept of congruence and congruence, while both students meet 2 indicators of 6 indicators of mathematical representation ability in constructing the concept of congruence and congruence. Of the two students, students were less accustomed and forgot to write down what was known and asked in the questions and the students' desire to answer directly from what was instructed in the questions. Keywords: Mathematical Representation Ability, Concept Construction, Congruence and Congruence.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Representasi Matematis, Konstruksi Konsep, Kesebangunan dan Kekongruenan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LESTARI
Date Deposited: 18 May 2022 03:16
Last Modified: 18 May 2022 03:16
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/33566

Actions (login required)

View Item View Item