Analisis Kebijakan Kepala Sekolah Dalam Pelaksanan Pembelajaran di SDN 206/X Pandan Jaya

Saputri, Cahyani (2022) Analisis Kebijakan Kepala Sekolah Dalam Pelaksanan Pembelajaran di SDN 206/X Pandan Jaya. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI CAHYANI SAPUTRI (A1D518030).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (218kB)
[img] Text
Hal persetujuan dan pengesahan.pdf

Download (305kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (347kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (209kB)
[img] Text
Daftar Rujukan.pdf

Download (214kB)

Abstract

Hadirnya Covid-19 memberikan dampak yang buruk terhadap Pendidikan di Indonesia dan mengalami perubahan sistem pembelajaran yang dimana pada biasanya pembelajaran dilakukan secara normal kini berubah menjadi daring (dalam jaringan) hal ini berdasarkan surat edaran yang dikeluarkan pemerintah melalui Kemendikbud Nomor 4 pada Tahun 2020 Mengenai Penerapan Kebijakan Pendidikan Pada Masa Darurat Penyebaran Covid-19 sehingga kepala sekolah dalam hal ini tetap harus meningkatkan kualitas pembelajaran secara berkelanjutan melalui kebijakan-kebijakan yang diambil selama masa pandemi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kebijakan kepala sekolah dalam pelaksanaan pembelajaran secara daring pada masa pandemi Covid-19, kelebihan dan kekurangan dalam pelaksanaan pembelajaran secara daring pada masa pandemi Covid-19 di SDN 206/X Pandan Jaya. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, tenaga pendidik dan siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kepala sekolah SDN 206/X Pandan Jaya telah menetapkan kebijakan pelaksanaan pembelajaran secara daring dengan tepat dan menindaklanjuti surat Edaran dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 4 Tahun 2020 tentang pelaksanaan pembelajaran jarak jauh, kepala sekolah melibatkan tenaga pendidik dalam mengambil keputusan, kepala sekolah mendorong kreativitas tenaga pendidik dalam mengajar ditengah pandemi, hasil akhir yang diperoleh peserta didik hampir sama dengan hasil pembelajaran luring atau diluar jaringan (2) kelebihan pelaksanaan pembelajaran secara daring yaitu peserta didik memperoleh pembelajaran yang lebih mudah melalui bantuan dan pemantauan dari orangtua serta memperoleh pengalaman membangun kerjasama dalam suatu kelompok. (3) kekurangan pelaksanaan pembelajaran secara daring yaitu keterbatasan fasilitas dan ketidakstabilan sinyal internet. Kebijakan kepala sekolah dalam pelaksanaan pembelajaran secara daring menggunakan media handphone dengan aplikasi whatsaap, namun pengimplementasian pembelajarannya masih belum optimal, karena terdapat beberapa kendala yang dialami oleh tenaga pendidik dan peserta didik.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Depositing User: SAPUTRI
Date Deposited: 18 May 2022 06:45
Last Modified: 18 May 2022 06:45
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/33569

Actions (login required)

View Item View Item