Afsa Pradipta, Puteri and Firman, Firman and Setiyadi, Bradley (2022) ASSESSMENT KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI SMP NEGERI 25 KOTA JAMBI PADA MASA PANDEMI COVID-19. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Skripsi Puteri Afsa Pradipta (A1D518010).pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (28kB) |
![]() |
Text
Hal persetujuan dan pengesahan.pdf Download (19kB) |
![]() |
Text
Bab 1.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Bab 5.pdf Download (18kB) |
![]() |
Text
Daftar Rujukan.pdf Download (259kB) |
Abstract
Pendidikan merupakan usaha yang terorganisir untuk melaksanakan proses pembelajaran yang diinginkan agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya. Pandemi Covid-19 yang mewabah sejak tahun 2020 telah menghambat banyak aspek kehidupan. Pemerintah menerbitkan Surat Edaran Menteri Kesehatan Nomor HK. 02.01/MENKES/199/2020 tanggal 12 Maret 2020 dan Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan No.36603/A.A5/OT/2020 tanggal 12 Maret 2020. Sesuai surat edaran tersebut yang membahas tentang upaya pencegahan dan penyebaran wabah Covid-19, maka seluruh kegiatan pembelajaran tatap muka di seluruh Lembaga Pendidikan dan perguruan tinggi ditiadakan. Serta dilakukan pembelajaran jarak jauh secara online. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan Assessment yang dilakukan oleh kepala sekolah, apa kendala yang ditemui dalam pelaksanaan Assessment oleh kepala sekolah serta untuk mengetahui bagaimana upaya penyelesaian dari kendala tersebut di SMP Negeri 25 Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, wali kelas 7, wali kelas 8, dan wali kelas 9. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah redukasi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan Assessment di SMP Negeri 25 Kota Jambi tetap berjalan seperti biasa walaupun sedang berada era pandemi tetapi proses tetap berjalan seperti sebelum adanya pandemi. yang membedakan hanya saja para siswa belajar dari rumah, tetapi guru tetap mengajar di sekolah. para guru selalu diawasi untuk melakukan tugasnya yaitu merencanakan pembelajaran, melaksanakan, dan mengevaluasi (2) Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan Assessment, kepala sekolah: masih ada guru yang tidak mau diajak bekerja sama. Wali kelas 7: kurangnya motivasi siswa untuk belajar, banyak yang tidak hadir pada saat zoom, banyak yang tidak mengerjakan tugas. Wali kelas 8: terdapat kendala di rpp yang sedikit rancu. Wali kelas 9: sejauh ini tidak ada kendala yang dialami. (3) Upaya penyelesaian dari kendala tersebut, kepala sekolah: melakukan pengontrolan terhadap guru. Wali kelas 7: meningkatkan bagian administrasi, bisa lebih disiplin. Wali kelas 8: diberikan pengertian agar tidak malu saat bertanya. Wali kelas 9: meningkatkan fasilitas terutama di aspek penggunaan internet dan media pembelajaran. Kepala Sekolah dalam pelaksanaan Assessment menggunakan aplikasi yang bernama Microsoft Teams. Dengan menggunakan aplikasi ini kepala sekolah dapat mengawasi setiap kegiatan dari absen hingga saat pembelajaran dan bisa menilai bagaimana kinerja guru tersebut.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | PRADIPTA |
Date Deposited: | 18 May 2022 04:10 |
Last Modified: | 18 May 2022 04:10 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/33575 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |