ANALISIS KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR ANAK USIA DINI DI ERA PANDEMIC COVID-19 PADA TK HARAPAN BPD DESA BUKIT KABUPATEN SAROLANGUN

Ayu, Mustika (2022) ANALISIS KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR ANAK USIA DINI DI ERA PANDEMIC COVID-19 PADA TK HARAPAN BPD DESA BUKIT KABUPATEN SAROLANGUN. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK (1) (pdf.io).pdf

Download (49kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (55kB)
[img] Text
bab 5.pdf

Download (15kB)
[img] Text
cover (pdf.io).pdf

Download (48kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] Text
Skripsi Mustika Ayu fixx-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
halaman pengesahan(pdf.io).pdf

Download (107kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id

Abstract

Abstrak Penelitian ini peneliti ingin menggali lebih dalam bagaimana guru-guru di TK Harapan Desa Bukit Kabupaten Sarolangun dalam menerapkan pembelajaran untuk peserta didik meski dengan berbagai permasalahan-permasalahan yang dihadapi. Hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan oleh guru dan Kepala TK yang mengalami kendala serta permasalahan yang sama saat melakukan pembelajaran dapat menjadi salah satu alternatif solusi dalam mengatasi pembelajaran yang terbatas dengan berbagai permasalahan namun dapat dilaksanakan dengan optimal. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kegiatan belajar mengajar di era pandemic Covid19 pada TK Harapan BPD Desa Bukit Kabupaten Sarolangun pada aspek perencanaan pembelajaran. Untuk menganalisis kegiatan belajar mengajar di era pandemic Covid-19 pada TK Harapan BPD Desa Bukit Kabupaten Sarolangun pada aspek pelaksanaan pembelajaran. Untuk menganalisis kegiatan belajar mengajar Anak Usia dini di era pandemic Covid-19 pada TK Harapan BPD Desa Bukit Kabupaten Sarolangun pada aspek evaluasi pembelajaran. Jenis penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif, Subjek di dalam penelitian ini adalah guru dan kepala sekolah berjumlah 4 orang. TK Harapan BPD Desa Bukit Kabupaten Sarolangun. Waktu penelitian ini, dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Berdasarkan hasil dan pengolahan data, Kegiatan belajar mengajar TK Harapan BPD Desa Bukit Kabupaten Sarolangun di era pandemic Covid 19 sudah berjalan dengan baik berdasarkan perencanaan yang telah ditentukan. Pada indikator perencanaan pembelajaran, proses belajar dilakukan dengan menggunakan kurikulum 2013, menggunakan program semester, program mingguan dan program harian yang telah disesuaikan dengan kondisi covid 19. Pada indikator pelaksanaan pembelajaran, guru membuka pelajaran dengan doa, tanya jawab tentang kegiatan dan menyebutkan nama dengan tidak melakukan kegiatan bersalam-salaman seperti biasanya. Guru menjelaskan tema hari itu, melakukan Tanya jawab tentang kegiatan dan mengumumkan kegiatan untuk esok harinya. Pada indikator evaluasi pembelajaran guru menggunakan metode Tanya jawab, unjukkerja, check list, observasi dan wawancara dengan tetap mengedepankan protocol kesehatan di tengah pandemic covid 19. Alat evaluasi yang digunakan dengan menggunakan buku penilaian anak didik setiap selesai kegiatan, buku yang digunakan tersebut berupa buku pengamatan, buku wawancara, sosiometri dan dirangkum pada akhir semester dengan portofolio dan menggunakan hasil kegiatan berupa buku raport pada setiap akhir semester. Kata kunci: Kemampuan Kognitif, Bermain CongklakJurnal PAUD Emas ANALISIS KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR ANAK USIA DINI DI ERA PANDEMIC COVID-19 PADA TK HARAPAN BPD DESA BUKIT KABUPATEN SAROLANGUN Abstract In this study, the researchers wanted to dig deeper into how the teachers at Harapan Kindergarten in Bukit Village, Sarolangun Regency in implementing learning for students despite the various problems they faced. The results of this study can be used by teachers and Kindergarten Principals who experience the same problems and problems when doing learning. This can be an alternative solution in overcoming limited learning with various problems but can be implemented optimally. The purpose of this study was to analyze teaching and learning activities in the Covid-19 pandemic era at Harapan Kindergarten BPD Bukit Village, Sarolangun Regency in the aspect of learning planning. To analyze teaching and learning activities in the Covid-19 pandemic era at Harapan Kindergarten BPD Bukit Village, Sarolangun Regency on aspects of learning implementation. To analyze early childhood teaching and learning activities in the Covid-19 pandemic era at Harapan Kindergarten BPD Bukit Village, Sarolangun Regency in the aspect of learning evaluation. This type of research is a qualitative research type. The subjects in this study were teachers and school principals totaling 4 people. TK Harapan BPD Bukit Village, Sarolangun Regency. This research was conducted in the even semester of the 2021/2022 academic year. Based on the results and data processing, teaching and learning activities for TK Harapan BPD, Bukit Village, Sarolangun Regency in the Covid 19 pandemic era have been going well based on predetermined plans. In the learning planning indicators, the learning process is carried out using the 2013 curriculum, using semester programs, weekly programs and daily programs that have been adapted to the conditions of covid 19. In the learning implementation indicators, the teacher opens the lesson with prayer, asks questions about activities and says names anonymously. shake hands as usual. The teacher explains the theme of the day, asks questions about the activities and announces the activities for the next day. In the learning evaluation indicators, the teacher uses the question and answer method, performance, check list, observation and interviews while still prioritizing health protocols in the midst of the covid 19 pandemic. The evaluation tool used is by using student assessment books after each activity, the book used is in the form of an observation book. , interview books, sociometry and summarized at the end of the semester with a portfolio and using the results of activities in the form of report cards at the end of each semester.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Kognitif, bermain congklak
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: ayu
Date Deposited: 18 May 2022 02:14
Last Modified: 18 May 2022 02:14
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/33579

Actions (login required)

View Item View Item