PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PENGUASAAN KONSEP SAINS DI SD 207 KOTA JAMBI

Tukarmi, Tukarni and Hadiyanto, Hadiyanto and Nugraha, Ugi (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PENGUASAAN KONSEP SAINS DI SD 207 KOTA JAMBI. S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Tukarmi Tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Tukarmi Cover.pdf

Download (39kB)
[img] Text
Tukarmi Pengesahan.pdf

Download (210kB)
[img] Text
Tukarmi Abstrak.pdf

Download (129kB)
[img] Text
Tukarmi Bab V.pdf

Download (128kB)
[img] Text
Tukarmi Tesis Daftar Pustaka.pdf

Download (245kB)

Abstract

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PENGUASAAN KONSEP SAINS DI SD 207 KOTA JAMBI (Program Studi Magister Pendidikan Dasar) Kegiatan pembelajaran di SD Negeri 207 Kota Jambi secara umum dilakukan dengan pola biasa saja atau model ceramah,dimana guru bertindak sebagai penyampai informasi tunggal dengan siswa sebagai pendengarnya.Padahal guru harus mampu membuat inovasi baru dalam proses pembelajaran terutama pada pembelajaran IPA karena ada beberapa materi yang berkaitan dengan kegiatan praktikum. Selain itu, pemilihan metode pembelajaran yang tepat juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapatmeningkatkan hasil belajar IPA adalah model pembelajaran kontekstual (CTL).Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi model pembelajaran CTL terhadap Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep siswa kelas V SD Negeri 207 Kota Jambi. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 207/IV Kota Jambi pada semester genap tahun ajaran 2021/2022.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif melalui teknik kuasi eksperimen. Sampel dipilih melalui teknik random sampling dengan melibatkan kelas eksperimen dan kelas control sebagai pembanding.. Subjek penelitian ini seluruh peserta didik kelas V SD Negeri 207 Kota Jambi yang berjumlah 126 orang siswa yang terdiri atas kelas VA, VB, VC, VD dan VE. Hasil penelitian menunjukkanpeningkatan kemampuan keterampilan proses sains siswa pada kategori “Tinggi” untuk kelas eksperimen sebanyak 12 orang atau sekitar 45,15%, sedangkan pada kelas kontrol sebanyak 5 orang atau sekitar 18,51%. Adapun peningkatan dengan kategori “sedang”, pada kelas eksperimen sebanyak 10 orang atau sekitar 38,45%, sedangkan pada kelas kontrol sebanyak 8 orang atau sekitar 29,63%. Peningkatan kemampuan keterampilan proses sains dengan kategori “Rendah”, pada kelas eksperimen sebanyak 4 orang atau sekitar 15,38%, sedangkan pada kelas kontrol sebanyak 51,86%. Data tersebut diperkuat dengan uji T (Tabel 4.6) terlihat bahwa nilai Sig. (2-tailed) diperoleh nilai 0,013 yang berarti < 0,05. Menurut ketentuan bahwa jika nilai Sig. (2-tailed), 0,05. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang positif penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap keterampilan proses sains dengan kategori signifikan, 2) Terdapat pengaruh positif penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap penguasaan konsep sains secara signifikan.

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Model CTL, Keterampilan Proses sains, Penguasaan Konsep Sains
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Tukarmi
Date Deposited: 18 May 2022 02:27
Last Modified: 18 May 2022 02:27
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/33603

Actions (login required)

View Item View Item