PERSEPSI ORANG TUA DAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH TEKNIK BLENDED LEARNING; STUDI KASUS DI SD NEGERI KECAMATAN BATIN XXIV KABUPATEN BATANG HARI

Suparman (2022) PERSEPSI ORANG TUA DAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH TEKNIK BLENDED LEARNING; STUDI KASUS DI SD NEGERI KECAMATAN BATIN XXIV KABUPATEN BATANG HARI. S2 thesis, UNSPECIFIED.

[img] Text
Cover.pdf

Download (165kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (41kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (586kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (154kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (292kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perubahan sistem dan teknik pembelajaran di masa pendemi Covid-19, dari tatap muka menjadi on-line. Tujuan penelitian yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui Persepsi Orang tua dan Siswa dalam Pembelajaran Jarak Jauh Teknik Blended learning; Studi Kasus di SD Negeri Kecamatan Batin XXIV Kabupaten Batanghari. Hal yang terkait dalam pembahasan penelitian ini adalah permasalahan atau kendala orang tua dan siswa dalam pembelajaran Blended learning serta solusi yang dilakukan dalam menyelesaikan kendala tersebut. Penelitian ini laksanakan pada bulan November dan Desember tahun 2021. Adapun alasan penetapan sekolah sampel adalah karena sekolah sampel tersebut yang konsisten melaksanakan pembelajaran dengan teknik Blended learning selama pandemi dan terletak pada Gugus KKG yang berbeda namun masih dalam satu wilayah binaan pengawas sekolah. Metode penelitian yang digunakan dengan cara wawancara. Dari hasil wawancara yang telah dilakukan didapat hasil bahwa sebagian besar orang tua dan juga siswa tidak setuju dengan adanya pembelajaran secara Blended learning terutama pada saat daring, karena dianggap belum efektif dan juga banyak menemui kendala dalam proses pembelajaran daring yang dilakukan, namun orang tua siswa tetap mendukung kebijakan ini karena pembelajaran daring ini menjadi solusi yang tepat saat masa pandemi seperti sekarang, walaupun belum dapat dilaksanakan secara maksimal. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah bahwa sebagian besar orang tua dan siswa kurang setuju dengan pembelajaran teknik blended learning khususnya pada saat daring, dan siswa terkendala jaringan internet yang tidak stabil, sulit memahami beberapa materi khususnya matematika, serta peran orang tua dalam mendampingi siswa belajar daring yang kurang maksimal.

Type: Thesis (S2)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: suparman
Date Deposited: 19 May 2022 02:18
Last Modified: 21 Jun 2023 03:48
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/33651

Actions (login required)

View Item View Item