Analisis Kesulitan Guru dalam Pembelajaran Ekonomi Pada Kurikulum 2013 di Kelas X SMA Negeri 4 Kota Jambi

Sandyoka, Irfan Analisis Kesulitan Guru dalam Pembelajaran Ekonomi Pada Kurikulum 2013 di Kelas X SMA Negeri 4 Kota Jambi. Pendidikan Ekonomi. (In Press)

[img] Text
ARTIKEL IRFAN SANDYOKA.pdf

Download (417kB)

Abstract

ABSTRAK Irfan Sandyoka, 2017. Analisis Kesulitan Guru dalam Pembelajaran Ekonomi Pada Kurikulum 2013 di Kelas X SMA Negeri 4 Kota Jambi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Jambi, Skripsi, Pembimbing: (1) Dr. Dra. Hj. Muazza, M.Si., (II) Dr. Drs. H. Firman Khaidir, M.Si. Kata Kunci: Kesulitan Guru, Pembelajaran Ekonomi, dan Kurikulum 2013 Tahun 2013 SMA Negeri 4 Kota Jambi sudah mengimplementasikan kurikulum 2013. Dalam penerapannya di SMA Negeri 4 Kota Jambi, kurikulum 2013 banyak terjadi permasalah, salah satunya dialami oleh guru ekonomi dalam pembelajaran di kelas X SMA Negeri 4 Kota Jambi. Dalam pembelajaran guru ekonomi mengalami kesulitan dalam perencanaan, pelaksanaan dan penilaian. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Apa saja kesulitan guru ekonomi kelas X SMA Negeri 4 Kota Jambi dalam (1) Perencanaan (2) Pelaksanaan dan (3) Penilaian pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan menghasilkan data deskriptif. Data dikumpulkan melalui kegiatan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik traingulasi. Analisis data menggunakan analisis data model miles and huberman yang terdiri dari dari data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pembelajaran ekonomi kesulitan yang dihadapi guru ekonomi kelas X adalah (1) Dalam perencanaan pembelajaran guru menghadapi kesulitan untuk merumuskan indikator, menyusun materi, menentukan model yang tepat dan kesulitan membuat RPP yang tiap tahun mengalami perubahan struktur. (2) dalam pelaksanaan pembelajaran guru menghadapi kesulitan dalam menerapkan pembelajaran scientific dan kesulitan menggunakan model pembelajaran kurikulum 2013 yang tepat. (3) Dalam penilaian pembelajaran guru menghadapi kesulitan dalam melakukan penilaian yang autentik, kesulitan melakukan penilaian proses, dan kesulitan melakukan pengolahan nilai. Kesimpulan penelitian, Kesulitan yang dihadapi guru ekonomi kelas X SMA Negeri 4 Kota Jambi dalam pembelajaran ekonomi mencakup aspek perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian dan disarankan kepada guru untuk dapat menghadapi kesulitan tersebut guru hendaknya mengikuti berbagai macam kegiatan penunjang pengetahuna seperti MGMP, workshop kurikulum, dan seminar-seminar tentang kurikulum 2013.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: IRFAN SANDYOKA
Date Deposited: 19 Feb 2018 02:12
Last Modified: 19 Feb 2018 02:12
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3366

Actions (login required)

View Item View Item