PENGARUH PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER MODEL COMPASSION, HUMILITY, INTEGRITY, PEACE, AND SERVANT LEADER (CHIPS) DI SD XAVERIUS 1 UNTUK MENGEMBANGKAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA DARI PERSPEKTIF ORANG TUA

Sipayung, Erni Fitriani (2022) PENGARUH PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER MODEL COMPASSION, HUMILITY, INTEGRITY, PEACE, AND SERVANT LEADER (CHIPS) DI SD XAVERIUS 1 UNTUK MENGEMBANGKAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA DARI PERSPEKTIF ORANG TUA. S2 thesis, Univeritas Jambi.

[img] Text
cover.pdf

Download (30kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (79kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (15kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (40kB)
[img] Text
Daftar pustaka.pdf

Download (95kB)

Abstract

PENGARUH PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER MODEL COMPASSION, HUMILITY, INTEGRITY, PEACE, AND SERVANT LEADER (CHIPS) DI SD XAVERIUS 1 UNTUK MENGEMBANGKAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA DARI PERSPEKTIF ORANG TUA Oleh: Erni Fitriani Sipayung NIM: P2A620032 ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan Metode Pembelajaran Pendidikan Karakter CHIPS dalam meningkatkan sikap spiritual siswa Kelas 6B SD Xaverius 1 Jambi berdasarkan perspektif orang tua dan mengetahui manfaat penerapan Model Pembelajaran Pendidikan Karakter CHIPS dalam meningkatkan sikap spiritual siswa kelas 6B SD Xaverius 1 Jambi berdasarkan perspektif orang tua. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah orang tua murid kelas VIB yang berjumlah 25 orang. Penelitian dilaksanakan di SD Xaverius 1. Pengumpulan data diperoleh melalui proses wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan lebih bersifat uraian dan deskriptif dari hasil wawancara terhadap objek penelitian serta penyajian data lewat tabel dan diagram. Hasil penelitian menunjukkan pada instrument 1, sebanyak 3 anak kadang-kadang, 13 anak sering dan 9 anak selalu berdoa sebelum dan sesudah melakukan suatu kegiatan. Pada instrumen 2A, menunjukkan 12 anak sering dan 12 anak selalu, 1 kadang-kadang mengucapkan terima kasih kepada orang lain. Pada instrument 2B, 12 anak dan 11 anak menunjukkan sering dan selalu serta 2 anak kadang-kadang mengucapkan terima/syukur saat berdoa kepada Tuhan. Pada instrument 2C, 10 anak sering dan 10 anak selalu mengucap syukur atas pemberian Tuhan seperti makanan, alat sekolah, mainan dan lainnya dan 5 anak kadang-kadang. Pada instrumen 3, 15 anak sering dan 6 anak selalu mengucapkan salam kepada orang yang mereka jumpai, 3 anak kadang-kadang dan 1 anak tidak pernah mengucapkan salam kepada orang yang mereka jumpai. Pada instrument 4A, 15 anak untuk sering dan 3 anak selalu mengungkapkan pujian/rasa kagum terhadap kebesaran/karya Tuhan yang dilihat/dirasakan, 7 anak kadang-kadang. Pada instrument 4B, terdapat 11 sering, 3 selalu dan 9 anak jarang serta 2 anak tidak pernah mengungkapkan pujian/rasa kagum terhadap kebesaran/karya Tuhan yang dilihat/dirasakan anak dalam bentuk tulisan seperti puisi atau kalimat. Pada instrument 5, 2 anak selalu, 14 sering dan 9 anak masih kadang-kadang mengungkapkan pujian atas kehadiran dan kebesaran Tuhan dan menyebutkan nama Tuhan dalam setiap pelajaran yang diajarkan di sekolah. Pada pembahasan materi model CHIPS diperoleh data pada instrument 1, sebanyak 7 menilai baik dan 18 sangat baik terhadap terhadap program pelaksanaan CHIPS di sekolah. Pada instrument 2, 15 orang tua menanggapi baik dan 10 menanggapi sangat baik buku/materi yang digunakan siswa dalam pembelajaran CHIPS di sekolah. Pada instrument 3, 19 orang tua menanggapi baik dan 6 orang tua menanggapi sangat baik pelaksanaan aksi anak di rumah. Pada instrument 4, 17 orang tua terlibat dengan baik dan 8 orang tua terlibat dengan sangat baik terhadap keterlibatan orang tua di rumah. Pada instrument 5, sebanyak 17 orang tua menyatakan perubahan baik dan sebanyak 8 orang tua menyatakan sangat baik terhadap sikap anak setelah adanya pembelajaran pendidikan karaker metode CHIPS. Pada instrument 6, 17 orang tua memberikan tanggapan baik untuk perubahan spiritual anak dan 8 sangat baik sekali. Kata kunci: pendidikan, karakter, spiritual, CHIPS, orang tua

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Sipayung
Date Deposited: 19 May 2022 06:23
Last Modified: 19 May 2022 06:23
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/33687

Actions (login required)

View Item View Item