Guswira, Ira (2022) STRATEGI SEKOLAH DALAM PEMBELAJARAN ONLINE YANG EFEKTIF. S2 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Cover Depan.pdf Download (307kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSTUJUAN UJIAN TESIS-2.pdf Download (155kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK-1.pdf Download (157kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (161kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (267kB) |
Abstract
Pembelajaran online yang efektif merupakan pemanfaatan teknologi digital sehingga memungkinkan siswa dan guru tetap bisa melakukan pembelajaran yang efektif meskipun mereka tidak saling bertemu. Pembelajaran online dikatakan efektif apabila materi yang disampaikan dapat diterima secara utuh oleh peserta didik dan memenuhi aspek pembelajaran, yaitu memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa, memfokuskan Pendidikan pada kecakapan siswa, memberikan varias iaktivitas dan tugas pembelajaran bagi siswa sehingga siswa dapat belajar secara mandiri, serta adanya umpan balik sebagai bentuk produktivitas kegiatan pembelajaran online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan sekolah untuk melaksanakan pembelajaran online yang efektif sehingga materi pembelajaran dapat tersampaikan dengan baik kepada siswa. Hal ini dikarenakan keberhasilan efektifitas pembelajaran tergantung pada strategi yang dilakukan pihak sekolah demi tercapainya suatu tujuan yang ingin dicapai. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penelitian yang dilakukan di 2 (dua) sekolahyakni SDN 200/IV Kota Jambi dan SDN 131/IV Kota Jambi berdasarkan data observasi dan wawancara dalam melihat secara langsung bagaimana proses pembelajaran online yang efektif, menggunakan metodesynchronous online yang artinya adalah pembelajaran yang dilakukan secara real time yaitu dimana pembelajaran yang dilakukan antara guru dengan siswa sama-sama online dengan waktu yang telah ditentukan. Yang mana pembelajaran online tidak terlepas dari media pembelajaran, media yang digunakan disesuaikan dengan keadaan saat pembelajaran, saat ini media yang digunakan seperti laptop, gawai (handphone), wifi dan kuota internet serta aplikasi yang dapat mewadahi pembelajaran online. Seperti youtube dan whatsup grup. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi sekolah dalam pembelajaran online yang efektif. Berdasarkan kondisi pembelajaran online di SDN 200/IV Kota Jambi dan SDN 131/IV Kota Jambi sudah menerapkan pembelajaran dengan baik menggunakan synchronous online sesuai dengan kemampuan yang dimiliki dalam mengoperasikan teknologi dan kemampuan finansial. Meskipun dengan sedikit dalam penggunaan aplikasi dan terdapat kendala namun pembelajaran online masih dapat terlaksana sesuai standar kebijakan pemerintah.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | GUSWIRA |
Date Deposited: | 19 May 2022 06:08 |
Last Modified: | 19 May 2022 06:08 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/33696 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |