REVITALISASI KEGIATAN PEMBELAJARAN TEMA 4 SUBTEMA 2 UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL INQUIRY LEARNING DI KELAS III SDN 42/IV KOTA JAMBI

Sapiroh, Sapiroh (2022) REVITALISASI KEGIATAN PEMBELAJARAN TEMA 4 SUBTEMA 2 UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL INQUIRY LEARNING DI KELAS III SDN 42/IV KOTA JAMBI. S2 thesis, Pendidikan Dasar.

[img] Text
COVER.pdf

Download (100kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (15kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (277kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (244kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (199kB)

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang kualitas proses pembelajaran merupakan salah satu titik tolak ukur yang dapat menentukan berhasil atau tidaknya proses pembelajaran. Seorang pendidik yang dapat menerapkan pembelajaran aktif, inovatif, lingkungan, kreatif, efektif dan menarik sangat diperlukan agar pembelajaran bisa berkualitas dan relevan terhadap kebutuhan masyarakat dan dapat menciptakan peserta didik sebagai generasi masa depan yang berkualitas. Strategi yang berpusat pada siswa dimana kelompok siswa inquiry ke dalam suatu isu atau mencari jawaban-jawaban terhadap isi pertanyaan melalui suatu prosedur yang digariskan secara jelas dan struktural kelompok Tujuan penelitian ini adalah perlu disusun suatu strategi agar tujuan itu tercapai dengan optimal. Tanpa suatu strategi yang cocok, tepat dan jitu, tidak mungkin tujuan dapat tercapai. Guru harus dapat mengatasi permasalahan pembelajaran di kelas, agar siswa tidak merasa bosan dengan cara pembelajaran monoton oleh guru, sehingga di dalam kelas tercipta pembelajaran yang menyenangkan sehingga siswa senang mengikuti pelajaran di kelas. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) setiap siklus terdiri beberapa tahapan penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi sedangkan alat yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa aktivitas siswa yang diisi oleh peneliti selama proses pembelajaran berlangsung dilakukan tindakan setiap pertemuan. Populasi di kelas III B SDN 42/IV Kota Jambi berjumlah 25 anak, dan sampel penelitian ini berjumlah 13 anak terdiri 7 laki-laki dan 6 perempuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan dan penelitian ini menggunakan model pembelajaran Inquiry Learning untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran tema 4 subtema 2. Aktivitas proses pembelajaran siswa secara umum mengalami peningkatakan pada siklus I dan siklus II. Hasil observasi aktivitas siswa dari siklus I dan siklus II, diproleh data yang menunjukkan bahwa aktivitas proses pembelajaran siswa kelas III meningkat dari 66,67 % ke 85,90 %. untuk hasil pada siklus 2 pertemuan 6 peningkatan proses pembelajaran sudah mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM).. Berdasarkan hasil penelitian, kesimpulan penelitian ini adalah kualitas proses pembelajaran dapat meningkat dengan menggunakan model Inquiry Learning.

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Sapiroh
Date Deposited: 19 May 2022 06:57
Last Modified: 19 May 2022 06:57
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/33705

Actions (login required)

View Item View Item