UJI VALIDITAS MODUL EFEKTIFITAS MEDIA FLASHCARD CBA DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BAHASA EKSPRESIF PADA ANAK USIA 6 TAHUN DI TK AL-AQSHA JAMBI

Fitria, Maya Eka and RAHMAN, MARLITA and Ekawati, Yun Nina UJI VALIDITAS MODUL EFEKTIFITAS MEDIA FLASHCARD CBA DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BAHASA EKSPRESIF PADA ANAK USIA 6 TAHUN DI TK AL-AQSHA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambo.

[img] Text
COVER.pdf

Download (170kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (188kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (415kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (186kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (413kB)
[img] Text
PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (238kB)
[img] Text
Maya Eka Fitria-G1C118024-Uji Validitas modul efektifitas media flashcard CBA dalam meningkatkan perkembangan bahasa ekspresif.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/cgi/users/home?scree...

Abstract

VALIDATION TEST OF CBA FLASHCARD MEDIA EFFECTIVENESS MODULE IN IMPROVING EXPRESSIVE LANGUAGE DEVELOPMENT IN 6-YEAR-OLDS IN AL-AQSA JAMBI KINDERGARTEN Maya Eka Fitria1, Marlita Andhika Rahman2, Yun Nina Ekawati3 1Department of Psychology, Faculty of Medicine and Health Sciences, Jambi University/ mayaekafitria28@gmail.com 2Department of Psychology, Faculty of Medicine and Health Sciences, Jambi University/ marlita.rahman@unja.ac.id 3Department of Psychology, Faculty of Medicine and Health Sciences, Jambi University/ yun_nina.e@unja.ac.id ABSTRACT INTRODUCTION The development of expressive language in children in Al Aqsa Kindergarten is still lacking, as some children still cannot express simple words clearly. Further intervention and appropriate stimulus are needed to improve the development of expressive language in children aged 5-6 years. OBJECTIVES This study aims to look at the validity of CBA flashcard media for expressive language development in children through flashcard media. METHOD This type of experimental-quasi quantitative research (Non-randomized pretest-posttest control design), with a population of 16 people with research respondents 8 people experimental group and 8 people control group. Observation and interview data stabilization techniques and measuring instruments for expressive language development. Data analysis performs statistical analysis with independent samples t test. RESULTS The study showed that there was no significant difference between the experimental group and also the control group where the independent sample test with a Sig (2-tailed) > score of 0.05 with a result of 0,957 from the results of the experimental and control posttest results. CONCLUSIONS AND RECOMENDATIONS There is no effectiveness of CBA flashcard games on the development of expressive language with a pretest mean of 62.25 and a posttest of 62.87. And the results of the independent sample test with Sig (2-tailed) showed a < of 0.05, which is 0,957 where there was no significant difference in average values between the experimental group and also the control group. Keywords: Expressive Language Development, CBA Flashcard Games, 6-Year- Olds UJI VALIDITAS MODUL EFEKTIFITAS MEDIA FLASHCARD CBA DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BAHASA EKSPRESIF PADA ANAK USIA 6 TAHUN DI TK AL-AQSHA JAMBI Maya Eka Fitria 1Jurusan Psikologi, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Universitas Jambi/ mayaekafitria28@gmail.com 2Jurusan Psikologi, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Universitas Jambi/ marlita.rahman@unja.ac.id 3Jurusan Psikologi, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Universitas Jambi/ yun_nina.e@unja.ac.id ABSTRAK LATAR BELAKANG Perkembangan bahasa ekspresif pada anak di TK Al Aqsha masih kurang, seperti beberapa anak masih tidak dapat mengungkapkan kata sederhana dengan jelas. Maka diperlukan intervensi lebih lanjut serta stimulus yang tepat dalam meningkatkan perkembangan bahasa ekspresif pada anak usia 5-6 tahun. TUJUAN Penelitian ini bertujuan untuk melihat validitas efektifitas media flashcard CBA perkembangan bahasa ekspresif pada anak melalui media flashcard. METODE Jenis penelitian kuantitatif eksperimental-kuasi (Non-randomized pretest-posttest kontrol design), dengan jumlah populasi 16 orang dengan responden penelitian 8 orang kelompok eksperimen dan 8 orang kelompok kontrol. Teknik pengembilan data observasi dan wawancara serta alat ukur perkembangan bahasa ekspresif. Analisis data melakukan analisis statistik dengan uji independent samples t test. HASIL Penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan juga kelompok kontrol yang mana uji independent sample test dengan nilai Sig (2-tailed) > 0,05 dengan hasil 0,957 dari hasil posttest eksperimen dan kontrol. KESIMPULAN DAN SARAN Tidak terdapat keefektifitasan dari permainan flashcard CBA terhadap perkembangan bahasa ekspresif dengan mean pretest sebesar 62,25 dan posttest 62,87. Dan hasil uji independent sample test dengan Sig (2-tailed) menunjukkan < 0,05 yaitu 0,957 yang mana tidak terdapat perbedaan nilai rata-rata signifikan antara kelompok eksperimen dan juga kelompok kontrol. Kata Kunci : Perkembangan Bahasa Ekspresif, Permainan Flashcard CBA, Anak usia 6 tahun

Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Fitria
Date Deposited: 19 May 2022 08:02
Last Modified: 19 May 2022 08:02
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/33715

Actions (login required)

View Item View Item