“Penerapan Metode PQ4R Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VI SD”

DIHAN, WARDAH (2022) “Penerapan Metode PQ4R Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VI SD”. S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
cover.pdf

Download (25kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (129kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (16kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (149kB)
[img] Text
Pengesahan.pdf

Download (264kB)

Abstract

ABSTRAK WARDAH DIHAN.2022 “Penerapan Metode PQ4R Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VI SD”. Tesis Program Pascasarjana, Universitas Jambi. Pembimbing : (I) Drs. Marzul Hidayat, M.A,.Ph.D (II) Dr. Ugi Nugraha, S.Pd M.Pd Kata Kunci: Metode PQ4R, Keterampilan Membaca Pemahaman Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman dengan menerapkan Metode PQ4R dalam pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas VI. A shift 1 SDN 66 Kota Jambi yang berjumlah 20 orang, yaitu 9 orang siswa laki-laki dan 11 orang siswa perempuan. Jenis Penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research). PTK ini menggunakan dua siklus dengan setiap siklus dua kali pertemuan. Diharapkan keterampilan membaca pemahaman siswa, keterampilan guru dan keterampilan siswa menerapkan metode PQ4R pada proses pembelajaran mengalami peningkatan pada setiap siklus. Hal yang paling positif didapatkan dari penerapan pembelajaran menggunakan metode PQ4R adalah dapat meningkatkan keterampilan siswa menyusun pertanyaan sendiri berdasarkan teks bacaan yang di baca (tahap Question) dan dapat meningkatkan daya ingat siswa tanpa harus menghafal serta melatih kecermatan siswa memahami isi bacaan (tahap Reflect). Selain itu, pada 9 indikator keterampilan membaca pemahaman juga mengalami peningkatan. Beberapa tahapan metode PQ4R masih dalam kategori sedang misalnya tahap Recite dan beberapa indicator keterampilan membaca pemahaman yaitu menentukan kalimat utama dalam setiap paragraf dan menentukan ide pokok paragraf pada teks bacaan masih dalam kategori cukup terampil, namun secara keseluruhan tampak peningkatan pada setiap siklus. Hal ini dapat dilihat dari instrumen hasil penilaian keterampilan membaca pemahaman siswa dari setiap siklus sudah memberikan peningkatan yang signifikan misalnya siklus I pertemuan ke-1 sebanyak 65,2%, siklus I pertemuan ke-2 sebanyak 49,4%, siklus II pertemuan ke-1 sebanyak 83,2%, dan siklus II pertemuan ke-2 sebanyak 77% Dari hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman pada pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas VI.A shift 1 SD Negeri 66 Kota Jambi. Hal ini Sejalan dengan penelitian sebelumnya bahwa penggunaan metode PQ4R dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa.

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: DIHAN
Date Deposited: 20 May 2022 06:53
Last Modified: 20 May 2022 06:53
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/33723

Actions (login required)

View Item View Item