ANALISIS MODEL LAYANAN PENDIDIKAN INKLUSIF DI SEKOLAH DASAR

Wirawan, Namela and Yantoro, Yantoro and Destrinelli, Destrinelli (2022) ANALISIS MODEL LAYANAN PENDIDIKAN INKLUSIF DI SEKOLAH DASAR. S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Cover Tesis.pdf

Download (48kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (155kB)
[img] Text
Hal Pengesahan Mela.pdf

Download (265kB)
[img] Text
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (13kB)
[img] Text
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.docx

Download (22kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (367kB)

Abstract

Sekolah Inklusi merupakan Sekolah yang memberikan pendidikan pada Anak Berkebutuhan Khusus untuk bergabung dengan Anak normal. ABK merupakan anak yang dalam proses pertumbuhan atau perkembangannya mengalami kelainan atau penyimpangan (fisik, mental, intelektual, sosial, emosional), sehingga memerlukan perlakukan khusus. Beberapa bentuk hambatan dan penyimpangan perkembangan pada anak berkebutuhan khusus sebagaimana yang sering dikenal dengan Tuna Netra, Tuna Rungu, Tuna Grahita, Tuna Daksa, Lamban Belajar, Berbakat, Tuna Laras, ADHD (Kesulitan Fokus, Hiperaktif) dan Autisme. Keberagaman karakter perkembangan dan hambatan yang mereka alami akan mengarahkan pada perbedaan model pelayanan yang dapat kita presentasikan bagi mereka dalam membantu mereka untuk melakukan interaksi social. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan mengenai bentuk bentuk pelayanan, Strategi pembelajaran serta kemampuan komunikasi ABK ketika melakukan interaksi sosial yang dapat dilakukan untuk anak berkebutuhan khusus (ABK) di SD Inklusi. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian merupakan anak berkebutuhan khusus yang duduk di kelas V. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data-data yang diperoleh akan dianalisis, data disajikan dengan menarik kesimpulan mengenai pemaknaan data yang telah terkumpul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak berkebutuhan khusus mampu berkomunikasi dengan baik meskipun sedikit lambat dalam menangkap pesan yang disampaikan dan anak-anak dengan kebutuhan khusus dapat berinteraksi secara sosial dengan lingkungan mereka tetapi tidak dapat dipisahkan dari gangguan yang tidak fokus.

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Anak Berkebutuhan Khusus, Sekolah Inklusi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Wirawan
Date Deposited: 20 May 2022 06:46
Last Modified: 20 May 2022 06:46
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/33748

Actions (login required)

View Item View Item