PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI ANIMALIA TERINTEGRASI KARAKTER KEWIRAUSAHAAN DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS

Wati, Evi Sulistia (2022) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI ANIMALIA TERINTEGRASI KARAKTER KEWIRAUSAHAAN DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS. S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Cover.docx.pdf

Download (68kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan, Halaman Pengesahan.docx.pdf

Download (447kB)
[img] Text
Abstrak.docx.pdf

Download (65kB)
[img] Text
Bab VI.docx.pdf

Download (213kB)
[img] Text
Daftar Rujukan.docx.pdf

Download (177kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/view/

Abstract

ABSTRAK Wati, E.S. 2022. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis PjBL pada materi Animalia Terintegrasi Karakter Kewirausahaan dan Keterampilan Proses Sains. Tesis. Program Magister Pendidikan IPA Universitas Jambi, Pembimbing I. Ir. Bambang Hariyadi, M.Si., Ph.D. II. Dr. Wilda Syahri, Dra. M.Pd. Kehidupan pada abad 21 ini membutuhkan sumber daya manusia berkualitas, sehingga mampu menghasilkan karya unggul yang berbeda dari masa-masa sebelumnya. Dalam konteks pembelajaran, karakter kewirausahaan dan keterampilan proses sains butuh dikembangkan. Pembelajaran perlu dirancang sedemikian rupa sehingga mampu menghasilkan peserta didik yang aktif, mandiri, dan mampu membangun pengetahuannya masing-masing. Melalui model PjBL siswa dibimbing untuk mengkonstruk pengetahuannya sendiri sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna. Minimnya perangkat pembelajaran berbasis PjBL pada materi animalia terintegrasi karakter kewirausahaan dan keterampilan proses sains, membuat guru kesulitan dalam menyiapkan perangkat pembelajaran dan menyampaikan pembelajaran di kelas. Berdasarkan hasil observasi terhadap guru dan siswa di SMA N 1 Muaro Jambi pada kelas X MIPA, pengembangan perangkat pembelajaran berbasis PjBL pada materi animalia terintegrasi karakter kewirausahaan dan keterampilan proses sains, masih sangat dibutuhkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis PjBL pada materi animalia terintegrasi karakter kewirausahaan dan keterampilan proses sains, mengetahui kelayakan, penilaian guru dan peserta didik, serta efektifitas dari perangkat pembelajaran yang dikembangakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari tahap analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Jenis data penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil validasi dari ahli materi diperoleh persentase 96% dengan kategori sangat layak. Selanjutnya hasil validasi ahli media diperoleh persentase 96,7% dengan kategori sangat layak dan hasil validasi ahli desain pembelajaran diperoleh hasil 96% dengan kategori sangat layak. Hasil penilaian guru biologi diperoleh persentase 98% dengan kategori sangat baik. Hasil ujicoba untuk melihat respon peserta didik pada kelompok kecil diperoleh persentase 94% dengan kategori sangat baik, dan ujicoba pada kelompok besar diperoleh persentase 94,13% dengan kategori sangat baik. Pda hasil uji efektivitas menggunakan uji paired sample t test, diperoleh nilai Sig. (2 tailed) sebesar 0,000 (<0,05), menunjukkan terdapat pengaruh penggunaan perangkat pembelajaran berbasis PjBL pada materi animalia terintegrasi karakter kewirausahaan dan keterampilan proses sains dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Dengan demikian perangkat pembelajaran berbasis PjBL pada materi animalia terintegrasi karakter kewirausahaan dan keterampilan proses sains yang dikembangkan layak digunakan sebagai bahan ajar dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci: Perangkat pembelajaran, PjBL, animalia, karakter kewirausahaan, keterampilan proses sains.

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Perangkat pembelajaran, PjBL, animalia, karakter kewirausahaan, keterampilan proses sains.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: WATI
Date Deposited: 23 May 2022 02:00
Last Modified: 23 May 2022 02:00
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/33809

Actions (login required)

View Item View Item