PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE EXPLAIN DAN MOTIVASI TERHADAP HIGHER ORDER THINKING SKILLS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI

FADILAH, NUR (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE EXPLAIN DAN MOTIVASI TERHADAP HIGHER ORDER THINKING SKILLS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI. S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (236kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (181kB)
[img] Text
COPER.pdf

Download (110kB)
[img] Text
halaman pengesahan.pdf

Download (318kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (221kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (155kB)
[img] Text
TESISI FULL NURFADILAH pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Nurfadilah. 2021. “Pengaruh Model Pembelajaran Predict Observe Explain dan Motivasi terhadap Higher Order Thinking Skills Siswa pada Mata Pelajaran Biologi” program pascasarjana Universitas Jambi. Pembimbing (1) Dr. Revis Asra, M.Si (2) Dr. Drs. Syaiful, M.Pd. Rendahnya kemampuan berpikir peserta didik dapat disebabkan karena strategi dan model yang diterapkan oleh guru dalam pembelajaran belum berorientasi pada pemberdayaan berpikir tingkat tinggi, dan hanya menekankan pada pemahaman konsep (Kawuwung, 2014). Oleh karena itu, untuk meningkatkan HOTS peserta didik diperlukan strategi pembelajaran yang baik, dimulai dari pemilihan model pembelajaran yang digunakan dalam kelas. Model pembelajaran yang membuat siswa aktif adalah model pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain). Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Predict Observe Explain, dan motivasi terhadap HOTS siswa pada mata pelajaran biologi materi sistem pernapasan manusia. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Experimental Design). Instrumen yang digunakan sebagai alat pengumpulan data ini ada dua jenis (angket motivasi belajar dan tes belajar). Instrumen yang digunakan terlebih dahulu telah divalidasi oleh validator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil kelas control dengan rata-rata pretest yakni 68,90,posttest yakni 72,65, sedangkan kelas eksperimen pretest yakni 71,40, sedangkan posttest yakni 79,45. nilai postest dapat dintrepretasikan sebagai berikut: Kemampuan HOTS siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional dan memiliki Motivasi rendah dengan perolehan nilai rata-rata (mean) = 70.00. Kemampuan HOTS siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional dan memiliki Motivasi tinggi dengan perolehan nilai rata-rata (mean) = 74.08. Kelompok Kemampuan HOTS siswa yang menggunakan model pembelajaran Poe dan memiliki Motivasi rendah dengan perolehan nilai rata-rata (mean) = 72.29. Sedangkan Kelompok Kemampuan HOTS siswa yang menggunakan model pembelajaran poe dan memiliki Motivasi tinggi dengan perolehan nilai rata-rata (mean) = 83.31. Jadi Penggunaan Model POE dan motivasi belajar memberikan kontribusi terhadap peningkatan Kemampuan HOTS siswa VIII SMPN 9 Merangin. Kata kunci: Predic Observe Explain, Motivasi, Higher Order Thinking Skill ABSTRACT Nurfadilah. 2021. "The Influence of the Predict Observe Explain Learning Model and Motivation on Students' Higher Order Thinking Skills in Biology Subjects" Universitas Jambi graduate program. Advisor (1) Dr. Revis Asra, M.Si (2) Dr. Drs. Syaiful, M.Pd. The low thinking ability of students can be caused by the strategies and models applied by the teacher in learning that have not been oriented towards empowering high-level thinking, and only emphasize understanding concepts (Kawuwung, 2014). Therefore, to increase the HOTS of students, a good learning strategy is needed, starting from the selection of the learning model used in the classroom. The learning model that makes students active is the POE (Predict, Observe, Explain) learning model. This study aims to determine the effect of using the Predict Observe Explain learning model, and motivation on students' HOTS in the biology subject matter of the human respiratory system. This research is a quantitative research. The design used in this study is a quasi-experimental design. There are two types of instruments used as a means of collecting data (learning motivation questionnaire and learning test). The instrument used has been validated first by the validator. The results showed that the results of the control class with the pretest average were 68.90, the posttest was 72.65, while the pretest experimental class was 71.40, while the posttest was 79.45. The relationship between POE and HOTS is significant and positive at 13,892. Based on the results of calculations with the SPSS program, the value of sig <0.05 was obtained, namely 0.000 or 0.000 <0.05 so that Ho was rejected and Ha was accepted. Learning motivation also has a significant effect on the HOTS ability of class VIII students of SMPN 9 Merangin, with the acquisition of sig <0.05, namely 0.001 or 0.000 <0.05 so that Ho is rejected and Ha is accepted. Meanwhile, the relationship between the two is positive and significant at 12,527. So the use of the POE Model and learning motivation contributed to the improvement of the HOTS Ability of VIII students of SMPN 9 Merangin. Key words: Predic Observe Explain, Motivation, Higher Order Thinking Skill

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Predic Observe Explain, Motivasi, Higher Order Thinking Skill
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Nurfadilah
Date Deposited: 23 May 2022 01:50
Last Modified: 23 May 2022 01:50
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/33811

Actions (login required)

View Item View Item