Strategi Guru Pada Pembelajaran PJOK di SMP N 10 Kota Jambi di Masa Pandemi Covid-19

Pangihotan S, Christian Simon (2022) Strategi Guru Pada Pembelajaran PJOK di SMP N 10 Kota Jambi di Masa Pandemi Covid-19. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
cover simon.pdf

Download (82kB)
[img] Text
halaman pengesahan simon.pdf

Download (82kB)
[img] Text
daftar isi simon.pdf

Download (78kB)
[img] Text
BAB I simon.pdf

Download (101kB)
[img] Text
BAB V simon.pdf

Download (33kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi guru pada pembelajaran PJOK di SMP N 10 Kota Jambi di masa pendemi covid-19. Penelitian ini dilakukan di SMP N 10 Kota Jambi pada tanggal 21 sampai 27 Maret 2022. Dan dari data penelitian ini diperoleh melalui wawancara bersama kepala sekolah, guru PJOK, siswa serta ahli pendidik yang menjadi sumber observasi mengenai tahapan persiapan, pelaksanaan hingga evaluasi pembelajaran pembelajaran di masa pendemi covid-19. Setelah dilakukan pengumpulan data, kemudian dilakukan analisis terhadap instrumen secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan strategi guru pada pembelajaran PJOK di SMP N 10 Kota Jambi di masa pendemi covid-19 bahwasahnya strategi yang dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu, pertama, persiapan yang mana sebelum melaksanakan pembelajaran dilakukan persiapan seperti mengikuti surat edaran untuk memperketat protocol Kesehatan serta menyiapkan bahan ajar yang menyesuaikan keadaan. Kedua, strategi yang mana strategi yang digunakan yaitu dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi berupa hendphone dengan media aplikasi whatsapp karena fitur-fitur yang terdapat di aplikasi whatsapp tersebut seperti, foto, video, dokumen, group whatsapp, dan telepon sangat membantu berjalannya proses pembelajaran dan juga penggunaanya yang mudah dan dapat digunakan oleh berbagai kalangan. Ketiga, evaluasi yang mana strategi yang digunakan dalam evaluasi yaitu dengan memberikan tugas kepada siswa berupa tugas LKS maupun tugas video pembelajaran melalui media aplikasi whatsapp. Dari hasil penelitian ini disarankan, perlu dilakukan sosialisasi bersama guru dan wali murid mengenai strategi yang digunakan di masa pendemi covid-19 kemudian aplikasi whatsapp sangat membantu pembelajaran tetapi pelaksanaan kurang efektif karena tidak semua materi tersampaikan dan diterima dengan baik.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pembelajaran, Pendemi Covid-19
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Olahraga dan Kesehatan
Depositing User: SILABAN
Date Deposited: 24 May 2022 03:27
Last Modified: 24 May 2022 03:27
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/33843

Actions (login required)

View Item View Item