Analisis Faktor-faktor Pelaku Usaha Home Industri pada Desa Baru dalam Implementasi Sertifikat Halal pada Produk Makanan

Wanti, Risma (2022) Analisis Faktor-faktor Pelaku Usaha Home Industri pada Desa Baru dalam Implementasi Sertifikat Halal pada Produk Makanan. S1 thesis, Universitas jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (113kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (90kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (361kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (381kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (518kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (301kB)
Official URL: Https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi tentang implementasi sertifikat halal dan faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya minat pemilik home industri untuk melakukan sertifikasi halal. Metode penelitian yang digunakan kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari dua jenis yaitu data primer dan sekunder. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi langsung, wawancara secara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1. Implementasi Sertifikat Halal pada home Industri di Tangkit Baru masih sangat rendah. 2. Faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya minat pelaku usaha home industri untuk melakukan sertifikasi halal adalah ; kepercayaan tinggi terhadap sesama muslim untuk kehalalan suatu produk makanan, bermodalkan percaya diri bahwa produk mereka rata-rata pasti halal, sertifikat halal hanya diaggap sebagai kepentingan regulasi saja, biaya sertifikasi halal mahal, proses sertifikasi halal lama, jangka waktu berlakunya sertifikat halal terlalu singkat tidak sebanding dengan biaya dan lama proses pembuatannya, pemilik usaha home industri yakin dengan kehalalan proses dan bahan makanan yang mereka gunakan, konsumen tidak ada yang menanyakan sertifikat kehalalan rumah makan, tidak adanya pengaruh terhadap tingkat penjualan home industri. Kata kunci: Sertifikat Halal, Pelaku Usaha Home Industri ABSTRACT The purpose of this study is to identify the implementation of halal certificates and the factors that influence the low interest of home industri owners to carry out halal certification. The research method used is qualitative. Sources of data used in this study consisted of two types, namely primary and secondary data. Data collection techniques used are direct observation, in-depth interviews, and documentation. The results of this study indicate that 1. Implementation of Halal Certificate in Home Industry in Tangkit Baru is still very low. 2. The factors that cause the low interest of home industry business actors to carry out halal certification are; high confidence in fellow Muslims for the halalness of a food product, with confidence that their products on average must be halal, halal certificates are only considered for regulatory purposes, the cost of halal certification is expensive, the halal certification process is long, the validity period of halal certificates is too short. proportional to the cost and length of the manufacturing process, home industry business owners believe in the halal process and food ingredients they use, consumers do not ask for halal certificates for restaurants, there is no effect on the level of home industry sales. Keywords: Halal Certificate, Business Actor of Home Industry

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Halal Certificate, Business Actor of Home Industry
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Islam
Depositing User: WANTI
Date Deposited: 25 May 2022 03:31
Last Modified: 25 May 2022 03:31
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/33880

Actions (login required)

View Item View Item