PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PENYALAHGUNAAN DATA PRIBADI NASABAH DALAM PENYELENGGARAAN LAYANAN INTERNER BANKING

NIA, NOVA (2022) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PENYALAHGUNAAN DATA PRIBADI NASABAH DALAM PENYELENGGARAAN LAYANAN INTERNER BANKING. S2 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (365kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (244kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (288kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (205kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (331kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (359kB)
[img] Text
Tesis Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui dan menganalisis pengaturan perlindungan dan pengaturan tanggung jawab perbankan terhadap data pribadi nasabah yang dirugikan dalam menggunakan layanan internet banking. Penelitian ini termasuk penelitian yuridis normatif yaitu penelitian hukum yang dilakukan dengan cara meneliti bahan pustaka atau data sekunder belaka. Pendekatan penelitian hukum yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan perundang-undangan, pendekatan konseptual, dan pendekatan kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaturan perlindungan hukum dan Tanggung jawab bank terhadap kerahasiaan data pribadi nasabah belum dapat memberikan kepastian hukum bagi masyarakat karena masih terdapat persoalan yang dialami nasabah akibat data nasabah yang bocor kepada pihak ketiga dan pihak bank masih belum memberikan perhatian secara penuh terhadap keluhan nasabah atas data pribadi yang bocor kepada pihak yang tidak berwenang. Dalam Pasal 40 Undang Undang Nomor 10 Tahun 1998 Tentang Perbankan masih terdapat kekaburan norma terkait Perlindungan Data Pribadi Nasabah. Peraturan Bank Indonesia Nomor 7/7/PBI/2005 tentang penyelesaian pengaduan nasabah sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Bank Indonesia 10/10/PBI/2008 yang pada substansinya mengatur penyelesaian pengaduan nasabah. Dalam ketentuan ini, Bank Indonesia mewajibkan seluruh bank untuk menyelesaikan semua pengaduan nasabah yang terkait dengan adanya kerugian finansial pada sisi nasabah. Dalam PBI ini diatur tata cara penerimaan, penanganan, dan juga pemantauan penyelesaian pengaduan.

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Hukum, Data Pribadi Nasabah, Internet Banking
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Ilmu Hukum
Depositing User: Nia
Date Deposited: 25 May 2022 06:41
Last Modified: 25 May 2022 06:41
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/33889

Actions (login required)

View Item View Item