PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MUARO JAMBI

Devita, Weni PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MUARO JAMBI. Pendidikan Ekonomi. (In Press)

[img] Text
ABTRk p3.pdf

Download (87kB)

Abstract

Dalam proses pelaksanaan pembelajaran yang perlu diperhatikan seorang pendidik adalah menciptakan lingkungan kelas yang kondusif, aktif dan menyenangkan.. Seorang guru, hendaknya bisa memberikan kesan pembelajaran yang membangkitkan semangat siswa. Ada banyak cara yang bisa dilakukan guru, salah satunyaialah dengan menggunakan media pembelajaran berbasis audio visual. Media pembelajaran audio visual dapat meningkatkan motivasi peserta didik dalam belajar, mengarahkan peserta didik untuk aktif ketika pembelajaran sehingga nanti hasil hasil belajar yang diharapkan dapat diperoleh dengan maksimal. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran audio visual terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Muaro Jambi. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen semu (true experimental) dengan bentuk design pretest-posttest control group yang dilakukan di SMP Negeri 1 Muaro Jambi kelas VIII semester 1 tahun ajaran 2017/2018 pada tanggal 31 Oktober s/d 11 Desember 2017 Hasil penelitian menyatakan bahwa hasil belajar siswa pada kelas eksperimen (71) lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar dengan kelas kontrol (62,36) dan pada uji-t diperoleh nilai bahwa thitung= 95,2 dan ttabel= 2,021, jadi nilai thitung> ttabel (95,2 >2,021). Artinya terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran audio visual terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Muaro Jambi. Berdasarkan hasil uji t-test, maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh hasil belajar antara kelas yang menggunakan media pembelajaran audio visual dan kelas yang tidak menggunakan media pembelajaran audio visual. Dari hal tersebut, maka disarankan kepada guru untuk menggunakan media pembelajaran audio visual pada proses pembelajaran sehingga dapat mengoptimalkan hasil belajar siswa. Untuk penelitian lebih lanjut, disarankan kiranya untuk perlu diteliti pada pokok bahasan yang lain dan dalam ruang lingkup yang lebih jelas.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Depositing User: Weni Devita
Date Deposited: 22 Feb 2018 04:56
Last Modified: 22 Feb 2018 04:56
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3391

Actions (login required)

View Item View Item