Fahrezy, Muhammad Fiqhi (2022) PENERAPAN MODEL EXAMPLE-NONEXAMPLE UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PERSUASI KELAS VIII D SMP NEGERI 5 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
Text
COVER.pdf Download (29kB) |
|
Text
MUHAMMAD FIQHI FAHREZY - SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (250kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (238kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (184kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (310kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (186kB) |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (189kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model example-nonexample sebagai peningkatan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar siswa pada materi menulis teks persuasi di kelas VIII D SMP Negeri 5 Kota Jambi. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 5 Kota Jambi pada tanggal 17 Januari sampai dengan 11 Februari 2022. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. PTK diawali dengan pratindakan, lalu siklus satu, dan siklus dua. Data diperoleh dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisi data digunakan dua teknik analisis data yaitu teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran example-nonexample dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar pada materi menulis teks persuasi. Penerapan model example-nonexample dalam proses pembelajaran menulis teks persuasi mengalami peningkatan pada tiap siklusnya. Pada siklus satu, kualitas proses pembelajaran yang terdiri dari aktivitas guru dan aktivitas siswa dalam pembelajaran sama-sama berada pada kategori Cukup Baik. Kemudian, terjadi peningkatan pada siklus dua setelah melakukan perbaikan tindakan dari siklus satu dengan kualitas proses pembelajarannya berada pada kategori Baik. Selain itu, model example-nonexample juga meningkatkan pemahaman siswa dalam menulis teks persuasi karena pada siklus satu nilai rata-rata unjuk kerja siswa sebesar 69,96 dengan ketuntasan belajar klasikal 39%. Setelah dilaksanakannya siklus dua nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 85,55 dengan ketuntasan belajar klasikal yang mendapat persentase 100%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa model example-nonexample dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar pada materi menulis teks persuasi. Dengan penelitian, disarankan guru menerapkan suatu model pembelajaran salah satunya example-nonexample untuk meningkatan kualitas proses belajar mengajar, keaktifan siswa, dan hasil belajar.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo |
Depositing User: | FAHREZY |
Date Deposited: | 31 May 2022 06:43 |
Last Modified: | 31 May 2022 06:43 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/33951 |
Actions (login required)
View Item |