PENGGUNAAN MEDIA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA KELAS V SDN 078/I TELUK KETAPANG

OKTA MELA DWISA, SUCI (2022) PENGGUNAAN MEDIA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA KELAS V SDN 078/I TELUK KETAPANG. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (103kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (85kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (171kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (222kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (447kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (465kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (88kB)
[img] Text
SKRIPSI_SUCI OKTA MELA DWISA_A1D118083. bismilla.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id

Abstract

Dwisa, Mela Okta Suci. (2022). Penggunaan Media Konkret Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Kelas V SDN.078/I Teluk Ketapang: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Jambi . Pembimbing (I) Drs. Maryono, M.Pd (II) Muhammad Sholeh, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci : Penggunaan media konkret, keaktifan belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan media konkret dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada kelas V SDN.078/I Teluk Ketapang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 078/I Teluk Ketapang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analilis data menggunakan teknik anaisis data kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini berdasarkan hasil pengamatan di SDN.078/I Teluk Ketapang yang terdiri dari 26 siswa didapatkan siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran, pada saat kegiatan pembelajaran, siswa banyak diam dan hanya terpaku pada guru saja, terlihat hanya beberapa siswa yang ikut serta menjawab dan berkomunikasi dengan guru rata-rata keaktifan siswa secara klasikal sebelum diberikannya tindakan atau penggunaan media konkret yaitu sebesar 42,2% atau dalam kategori kurang aktif. Guru kurang kreatif dalam proses pembelajaran berlangsung hanya dengan menggunakan buku tematik dan gambar dibuku saat melaksanakan proses pembelajaran, sehingga siswa cepat merasa bosan dan kurang aktif, oleh karena itu perlu adanya media pembelajaran yaitu media konkret yang mampu menarik minat belajar siswa,sehingga siswa aktif dalam mengikuti pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penggunaan media konkret pada proses pembelajaran dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Peningkatan tersebut dapat terlihat pada analisis data setiap siklus pertemuan. Siklus I pertemuan pertama sebanyak 48.85%, siklus I pertemuan kedua 67.5% dengan peningkatan sebanyak 18.65%. Pada siklus II pertemuan pertama 76.92% dengan peningkatan 9.42% dan pertemuan kedua sebanyak 83.08% mengalami peningkatan sebanyak 6.16%. Dari hasil penelitian ini diharapkan guru dapat meningkatkan proses pembelajaran di kelas, sehingga keaktifan belajar dikelas juga ikut meningkat, guru disarankan agar dapat menggunakan media konkret dalam proses pembelajaran berlangsung.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan media konkret, keaktifan belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Dwisa
Date Deposited: 07 Jun 2022 02:35
Last Modified: 07 Jun 2022 02:35
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/33958

Actions (login required)

View Item View Item