Identifikasi Miskonsepsi Materi Gerak dan Gaya pada Siswa Kelas XI dan XII MIPA di SMAN 1 Kota Jambi

Agustri, Yuhani (2022) Identifikasi Miskonsepsi Materi Gerak dan Gaya pada Siswa Kelas XI dan XII MIPA di SMAN 1 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
2. COVER.pdf

Download (12kB)
[img] Text
1. FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
3. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (209kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (139kB)
[img] Text
5. BAB V.pdf

Download (8kB)
[img] Text
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (243kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana miskonsepsi yang dialami siswa SMA pada materi gaya dan gerak. Metode yang digunakan adalah metode penelitian campuran (mixed-method). pengumpulan data dilakukan terhadap 432 siswa kelas XI dan XII MIPA SMA Negeri 1 Kota Jambi menggunakan instrument berupa tes diagnostik berformat four-tier dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata miskonsepsi yang dialami siswa pada materi gaya dan gerak digolongkan dalam kategori rendah karena jumlah presentase yang diperoleh < 30% yaitu sebesar 7%. Selanjutnya teridentifikasi bahwa miskonsepsi yang paling banyak terjadi pada M6 yaitu sebesar 22%, dimana siswa beranggapan bahwa pada benda yang bermassa besar, gaya gravitasinya besar sehingga percepatannya juga besar; selanjutnya miskonsepsi yang paling kecil terjadi pada M3 (gaya aksi dan reaksi saling meniadakan sehingga tidak ada gaya yang bekerja), M4 (jika tidak ada percepatan maka tidak ada gaya), dan M13 (benda yang didorong atau ditekan akan memiliki gaya sedangkan benda yang mendorong atau menekan tidak ada gaya) yaitu sebesar 1%.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: identifikasi, miskonsepsi, gaya dan gerak
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: AGUSTRI
Date Deposited: 30 May 2022 04:35
Last Modified: 30 May 2022 04:35
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/33979

Actions (login required)

View Item View Item